Disingkirkan SF Hariyanto, Elen Setiadi Anak Kuansing Kini Dilantik jadi Pj Gubernur Sumsel

Elen-Setiadi.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE -  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian resmi melantik Tiga Penjabat (Pj) Gubernur di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin, 24 Juni 2024.

Dikutip dari Antara, Senin, 24 Juni 2024, Ketiga Pj Gubernur yang dilantik adalah Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 70/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Pj Gubernur Sumatera Selatan yang sebelumnya kosong diisi oleh Elen Setiadi. Pj Gubernur NTB, Mayjen (Purn) Hassanudin yang sebelumnya Pj Gubernur Sumut, dilantik menggantikan Lalu Gita Ariadi. Pj Gubernur Sumut diberikan kepada Agus Fatoni, birokrat Kemendagri yang sebelumnya menjabat sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan. 

Hal ini dibenarkan oleh Karo Pemerintahan dan Otda Pemprov Sumsel Dr Sri Sulastri.


"Diganti oleh Pak Elen Setiadi, Staf Ahli Menko Perekonomian, " ujar Sri, Sabtu, 22 Juni 2024.

Mendagri khusus meminta Elen untuk dapat menaikkan perekonomian Sumsel karena jabatan sebelumnya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

“Karena ekonomi menjadi jantung, salah satu titik keberhasilan negara sehingga bisa terjaga (pertumbuhan ekonomi nasional) di angka 5,11%. Inflasi kita juga terjaga salah satunya karena usaha dari Kemenko Bidang Perekonomian. Sehingga, kita minta Pj Gubernur Sumsel yang baru bisa menjaga perekonomian Sumsel,” kata Tito.