Ali Ngabalin Sebut Penunjukan Kerabat Jokowi di Posisi Penting BUMN Sesuai Kemampuan

Ali-Mochtar-Ngabalin.jpg
(BBC Indonesia)

RIAU ONLINE - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin klaim penempatan posisi petinggi BUMN oleh  kerabat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan kemampuan mereka.

Hal ini disampaikan Ngabalin, menanggapi sejumlah kritik terhadap Presiden Jokowi yang menempatkan keponakannya Ikhlasulla Arif sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero).

"Semua orang yang dianggap oleh negara memiliki kewenangan dan kemampuan yang mumpuni, ya seperti itu," kata Ngabalin, dikutip dari Suara.com, Kamis, 13 Juni 2024.

Tak hanya Ikhlasulla, Jokowi juga menempatkan kerabat lainnya di posisi-posisi penting lainnya. diantaranya adalah Joko Priambodo menjadi Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sejak 20 Mei 2024. 


Lalu, Sigit Widyawan, suami dari sepupu Jokowi yang kini menjabat Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI.

Ngabalin meyakini, akuntabilitas sistem pemerintahan di Indonesia sama sekali tidak diragukan dan mandat yang mereka emban bukan sebagai politik balas budi.

"Sama sekali tidak ada hubungannya, jauh," ucapnya.

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk menghargai kapasitas dan kapabilitas seseorang dalam mengemban jabatan publik.

"Jangan dipikir dinastilah, nepotismelah, dikit-dikit," imbuhnya.