KPK Ungkap Alasan Penggantian Jubir dari Ali Fikri ke Tessa Mahardika

Ilustrasi-kpk2.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan alasannya mengganti Juru Bicara (Jubir) KPK dari Ali Fikri ke Tessa Mahardika. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Indriati Iskak.

Yuyuk mengatakan, Ali sebelumnya hanya Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK dan menjabat sebagai Jubir definitif yang menggantikan Febrie Adriansyah pada 2019 lalu.

Yuyuk juga memaparkan penunjukkan Tessa Mahardika sebagai Jubir resmi KPK karena ada kebutuhan penguatan tim juru bicara.

"Mengingat intensitas penugasan keduanya semakin banyak gitu ya, serta ada kebutuhan untuk penguatan tim juru bicara, mengingat perkembangan dan dinamika kelembagaan juga, jadi KPK, pimpinan menugaskan tim juru bicara baru, melalui surat keputusan pimpinan, tentang pengangkatan tim juru bicara pada Komisi Pemberantasan Korupsi," kata Yuyuk, dikutip dari Liputan6.com, Sabtu, 8 Juni 2024.


Sementara Surat Keputusan (SK) penunjukan Tessa sebagai juru bicara KPK sudah resmi sejak Jumat, 7 Juni 2024. Yuyuk menyebut penunjukkan Tessa diharapkan dapat memperkuat KPK dalam membangun kepercayaan publik.

"Yang paling penting adalah, memperkuat jejaring dengan teman-teman media, tidak hanya yang ada di Jakarta sekarang, bahkan juga untuk teman-teman di seluruh Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengaku kaget dengan  penunjukkan Tessa Mahardhika sebagai jubir definitif KPK.

"Saya tidak bisa berkomentar soal ini. Info yang saya dapat memang mendadak tapi itu semua tentu sepenuhnya kewenangan pimpinan. Sebagai pegawai saya tentu patuhi aturan sepanjang benar prosesnya," kata Ali Fikri di gedung merah putih KPK, Jumat, 7 Juni 2024.

Menurut Ali, hal itu sebagaimana bentuk keterbukaan dan transparansi lembaga antirasuah."Kita tetap bersama dan saya kembali ke 'dapur' mengawal pada bagian strategi komunikasi KPK sebagai kepala bagian pemberitaan," pungkasnya.