Moeldoko: Tapera ini Tidak Akan Ditunda

Moeldoko9.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko  di Kantor Staf Presiden menyebutkan bahwa program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) tidak akan ditunda.

Hal ini disampaikan Moeldoko, menanggapi ramainya kritikan dari masyarakat dalam penerapan program iuran Tapera di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 31 Mei 2024.

Menurut Moeldoko, penundaan ini tidak akan terjadi lantaran baru akan dijalankan pada 2027 mendatang.

"Kesimpulan saya bahwa Tapera ini tidak akan ditunda, wong memang belum dijalankan," kata Moeldoko, dikutip dari Suara.com, Jumat, 31 Mei 2024.


Sejak ada perubahan Bapertarum ke Tapera, kata Moeldoko, ada kekosongan dari 2020 ke 2024, yakni tidak ada sama sekali iuran pantaran Tapera belum berjalan.

"Nanti akan berjalan untuk ASN yang setengah persen APBN setelah ada Permen dari Kemenkeu. Selanjutnya untuk pekerja swasta setelah ada permenaker itu baru berjalan dengan baik," imbuhnya.

Moeldoko juga menyatakan bahwa pemerintah akan segera menggencarkan komunikasi dan dialog dengan masyarakat dan dunia usaha hingga pelaksanaan Tapera secara resmi dijalankan pada 2027. 

"Kami masih ada waktu sampai dengan tahun 2027. Jadi ada kesempatan untuk konsultasi. Nggak usah khawatir," pungkasnya.