Padang Terkepung, Anggota DPR Minta Ditetapkan jadi Bencana Nasional

Jalan-Padang-Bukittinggi-Lumpuh-Total-Akibat-Lahar-Dingin-Malalak-Ikut-Longsor.jpg

RIAU ONLINE - Guspardi Gaus, Anggota DPR RI meminta bencana banjir bandang dan lahar dingin Gunung Marapi yang terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera Barat ditetapkan sebagai bencana nasional.

Guspardi menjelaskan, sejumlah akses yang menghubungkan Kota Padang dengan wilayah lainnya tertutup. 

"Padang terkepung tidak bisa masuk akses masyarakat ke Kota Padang, dan kemarin Jalan Padang-Pekanbaru juga tertutup," kata Guspardi, dikutip dari suara.com, Selasa 14 Mei 2024.

Kondisi ini juga diperparah dengan banyaknya korban jiwa akibat bencana alam yang terjadi. 


Guspardi juga meminta agar pemerintah ikut turun tangan dalam mengatasi permasalahan di wilayah terdampak banjir bandang tersebut.

"Kepada Pimpinan DPR untuk bisa menyikapi apa yang saya sampaikan ini, mudah-mudahan saya sangat berharap kecekatan dari pemerintah pusat dalam menyikapi ini," kata dia.

Hingga saat ini, diketahui sebanyak dua orang meninggal dunia dari Kota Padang Panjang, 20 orang korban dari Kabupaten Agam, 19 orang Kabupaten Tanah Datar, satu orang Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman sebanyak delapan orang.

Selain itu, BNPB juga menerima laporan jumlah korban yang dilaporkan hilang saat ini sudah ada sebanyak 27 orang, 37 orang luka-luka, serta 3.396 jiwa mengungsi.