Local Media Summit 2023 Resmi Dibuka, Pentingnya Kolaborasi dan Inovasi Antar Media

LMS-2023-di-jakarta.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Local Media Summit (LMS) 2023 resmi dibuka pada Rabu, 11 Oktober 2023 di Hotel Aryaduta, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 44-48, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. 

Pada sambutannya, CEO Suara.com Suwarjono mengatakan bahwa LMS 2023 menjadi kelanjutan LMS 2022 dan Jatim Media Summit 2023 yang berlangsung beberapa waktu lalu. 

Menurut Suwarjono, LMS 2023 sebenarnya tidak hanya mengajak dari media lokal namun juga media segmentif yang fokus pada isu perempuan, lingkungan dan masyarakat adat. 

"Ini jadi amunisi baru bagi kami, tidak hanya media lokal yang datang, tapi juga media segmentif. Juga ada rekan-rekan dari influencer yang sekarang sangat banyak membuat konten berkualitas sesuai dengan kaidah jurnalistik," ucap Suwarjono. 

Suwarjono menambahkan bahwa satu di antara fokus di LMS 2023 bukan hanya berbicara soal bagaimana membuat produk jurnalistik yang berkualitas, namun juga membicarakan bisnis media itu sendiri, bagaimana bisnis media itu bisa berkelanjutan dan menghasilkan revenue. 

"Local Media Summit 2023 berhasil mendatangkan 150 media dan 50 stakeholder serta hadirkan 40 pembicara yang akan membagi pengalaman bagaimana membuat konten media berkualitas serta pengelolaan media secara berkelanjutan dari kacamata bisnis," jelasnya. 

Sementara itu, Muhamad Agung Dharmajaya, Wakil Ketua Dewan Pers yang datang untuk mewakili Ninik Rahayu mengapresiasi kembali digelarnya Local Media Summit di tahun ini. 



Menurut Agung, saat ini industri media berkembang dengan pesat. Perkembangan media yang begitu pesat, banyaknya media baru yang bermunculan sebenarnya menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola media itu sendiri. 

"Kita sepakat bahwa diversity content itu sangat penting dilakukan oleh industri media. Melihat perkembangan media online saat ini, kita bisa melihat bahwa media lokal sudah dimiliki orang lokal," ungkapnya. 

Saat ini, dengan banyaknya media online yang muncul sebenarnya bisa jadi tantangan tersendiri karena mereka para pendiri tidak memiliki latar belakang media. 

"Itu jadi permasalahan tersendiri. Rata-rata mereka yang memiliki media, ibu rumah tangga, orang biasa, pengacara yang sama sekali tidak memiliki latar belakang media," katanya.

Ditekankan oleh Agung, bahwa saat ini yang terpenting dalam arus industri media ialah soal kolaborasi dan inovasi serta kreatifitas pengelola media untuk membuat dan mengemas produk jurnalistik yang berkualitas namun juga diminati oleh pembaca. 

"Patut dicatat untuk media lokal saat ini yang pertama ialah mari berkolaborasi. Mari kita berinovasi, dan yang terakhir kreativitas teman-teman selalu dituntut dan itu jadi hal sangat penting," ungkapnya. 

Dalam pembukaan Local Media Summit 2023, perwakilan International Media Summit (IMS) Lars Bestle serta Mark Newton, Deputy Director, Environment Office - USAID juga memberikan sambutan dan mengapresiasi acara ini. 

Setelah pembukaan LMS 2023, para peserta kemudian mengikuti sejumlah workshop yang berlangsung di Ballroom Hotel Aryaduta, seperti Workshop Media Startup Towards Capital Market, Media Advertising Landscape, How to Start Develop Your Business Model, Constructive Journalism for Segmented Media dan Live Streaming Using Mobile Journalism. 

Local Media Summit 2023 berlangsung dari 11-12 Oktober 2023 di Hotel Aryaduta Jakarta terselenggara atas inisiasi Suara.com dan IMS.