Merasa Dikhianati Anies Baswedan, Istri AHY Tumpahkan Kekecewaannya

AHY-dan-Istri1.jpg
(Instagram.com/annisayudhoyono)

RIAU ONLINE - Sikap Partai NasDem dan bakal calon presiden yang diusungnya, Anies Baswedan, menuai kekecewaan terhadap banyak pihak. NasDem dan Anies Baswedan yang dianggap mengkhianati Demokrat turut membuat istri Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yakni Annisa Pohan kecewa.

Melalui Instagram Story @annisayudhoyono yang dilansir dari Liputan6.com, Jumat, 1 September 2023, Annisa Pohan mengunggah tangkapan layar Pernyataan Pers Sekjen Demokrat. Pernyataan itu berisikan rentetan peristiwa yang disebut sebagai bentuk pengkhianatan terhadap semangat perubahan, pengkhianatan terhadap Piagam Koalisi yang telah disepakati tiga parpol, dan pengkhianatan terhadap pernyataan Anies Baswedan sendiri yang telah diberikan mandat untuk memimpian Koalisi Perubahan.

Disebutkan pula, bahwa Anies Baswedan telah menyetujui kerja sama politik Partai NasDem dan PKB untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum NasDem, Surya Paloh. Kabar itu bahkan dibenarkan oleh mantan Gubernur DKI tersebut dan Demokrat merasa dipaksa menerima keputusan ini.

Via Liputan6.com

Seakan menjawab situasi itu, Annisa Pohan turut mengunggah pernyataan Anies Baswedan yang secara langsung menuliskan permohonan mengajak AHY untuk menjadi pasangannya maju di Pilpres 2024, yang ditulis tangan di secarik kertas.


Kekecewaan juga ditunjukkan istri Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono, Siti Rubi Aliya Rajasa. Ia mengunggah Pernyataan Pers Sekjen Partai Demokrat dalam feeds akun Instagram @ruby_26. Tiga foto itu pun dibumbui pernyataan yang menyiratkan perasaannya.

“Press release Sekjen Partai Demokrat, Jakarta 31 Agustus 2023. Let the truth be told. Let the voice be heard,” tulis Rubi.

Partai Demokrat merasa dikhianati setelah mengetahui Anies Baswedan memilih Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden (Cawapres). Demokrat pun membagikan foto berisi surat Anies kepada Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Surat yang ditulis tangan itu berisi permintaan Anies kepada AHY agar bersedia menjadi Cawapresnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Surat tersebut juga dibubuhi tanda tangan Anies Baswedan. Menurut Demokrat, surat itu dibuat pada 25 Agustus 2023 dan disaksikan dua orang.

Berikut isi lengkap surat tersebut:

Mas AHY yth

Semoga dalam keadaan sehat, tetap produktif dan selalu dalam keberkahan-Nya.Melalui pesan singkat ini, kami bermaksud menyampaikan harapan agar Mas AHY berkenan untuk menjadi pasangan dalam mengikuti Pilpres 2024.

Teriring Salam Hormat. Anies Baswedan.