Pertemukan Ganjar dan Prabowo di Pekalongan, PDIP Sebut Jokowi Bukan Presiden Partai

Jokowi-bersama-Pabowo-dan-Ganjar2.jpg
((Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden Joko Widodo diyakini PDIP tetap netral dalam Pilpres 2024.

Hal ini ditegaskan Ketua DPP PDIP Said Abdullah menanggapi gestur Jokowi yang menunjuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kunjungan ke Pasar Tradisional Grogolan Baru, Kelurahan Landungsari, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

"Dari sisi presiden sendiri, menurut hemat saya, positioning-nya pak presiden masih netral kok," kata Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Sementara itu, terkait gestur Jokowi yang menunjuk Ganjar, Said menganggap sebagai hal yang wajar.

"Bahwa bapak presiden nunjuk-nunjuk ke Pak Ganjar ya karena memang ketika itu publik semuanya teriakannya Ganjar, ya sebenarnya wajar-wajar saja. Apalagi ini di Jawa Tengah gitu lho," kata Said.

Diketahui, dalam kunjungan ke pasar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ikut mendampingi. Ditanya apakah keberadaan Jokowi bersama Ganjar dan Prabowo itu merupakan sinyal menduetkan kedua bakal capres menjadi satu, Said menegaskan kembali posisi Jokowi yang netral dan tidak ikut campur.

"Kan bapak presiden sudah menegaskan, bapak presiden kalau ditanyakan, apakah bapak presiden akan menduetkan Ganjar dengan Pak Prabowo, nah bapak presiden sudah di sidang paripurna clear, Bapak Jokowi tuh Presiden RI bukan ketua partai bukan ketua koalisi," kata Said.


Diberitakan sebelumnya, Jokowi sempat mengunjungi Pasar Tradisional Grogolan Baru, Kelurahan Landungsari, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023) lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi ditemani Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta istri, Siti Atikoh Supriyanti.

Mereka melakukan pengecekan harga bahan pokok seperti bawang, beras, dan telur.

Kedatangan para pejabat publik ini mendapat sambutan hangat dari warga dan pedagang, yang berbondong-bondong ingin bersalaman dan berfoto selfie bersama mereka.

Saat akhir kunjungan, Jokowi mendekati Ganjar dan Prabowo yang sedang berbicara. Dengan isyarat jari telunjuk, Jokowi menunjuk Ganjar.

Reaksi spontan warga dan pedagang begitu positif saat Jokowi menunjuk Ganjar. Sorakan memenuhi pasar ketika mereka langsung berseru dukungan kepada Ganjar sebagai calon Presiden 2024.

Para warga bersorak, "Pak Jokowi! Pak Ganjar Presiden! Pak Ganjar Presiden! Hidup Pak Ganjar!"

Jokowi merespons dengan senyuman, menunjukkan dukungannya atas reaksi tersebut. Ia memberi isyarat 'oke' dengan mengacungkan jempol kepada para warga dan pedagang setempat.

Ganjar dan Prabowo pun berjabat tangan, menunjukkan kedekatan mereka dengan warga dan pedagang yang hadir.

Dalam konteks kunjungan rutin ke daerah-daerah, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa tujuan utamanya adalah memantau harga-harga komoditas di pasaran.

"Setiap kota, kabupaten, provinsi, saya selalu cek harga pasar. Di sini, harga beras sedikit naik, namun harga bawang merah, daging ayam, dan telur cenderung turun," ujar Jokowi dikutip dari suara.com