Penyebab Terbakarnya Halte Tandean Masih Misteri, Api Diduga dari Luar Bangunan

Halte-terbakar.jpg
((Suara.com/Rakha))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Penyebab terbakarnya Transjakarta Jalan Tandean belum terungkap. Pihak PT Transportasi Jakarta masih menelusuri penyebab terbakarnya halte Tendean, Jakarta Selatan pada Senin (14/8/2023) sore. Namun, sumber api dipastikan berasal dari luar bangunan halte.

Direktur Operasional PT Transjakarta, Daud Joseph mengatakan pihaknya belum bisa merinci dari mana asal api tersebut.

"Belum jelas jadi belum pasti (sumber kebakaran), tapi asal api dari luar halte," ujar Joseph kepada wartawan, Senin (14/8/2023).

Ia juga menyebut bagian halte yang terbakar hanya ruang tunggu penumpang. Saat kejadian pun masih sejumlah pelanggan yang berada di lokasi.

"Tentunya tadi pada saat jam puncak ada pelanggan, petugas melakukn evakuasi pelanggan yang ada dalam halte," ucapnya.

Lebih lanjut, Ia menyebut penyebab kebakaran juga masih diselidiki oleh kepolisian. Ia belum bisa memastikan kapan penyebabnya akan diketahui.



"Tentu karena ini fasilitas publik, pasti akan dbantu oleh aparat kepolisian," katanya.

Sementara, pihak Transjakarta juga melakukan penyesuaian rute berupa membatasi layanan koridor 13 rute Tendean-Ciledug hanya sampai halte Rawa Barat. Lalu, untuk rute 13C dilakukan penyesuaian dari Rawa Barat menuju Puri Beta.

"Kemudian rute L13E juga penyesuaian halte Rawa Barat sampai ke Puri Beta," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Halte Bus TransJakarta di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, terbakar pada Senin sore.

Pantauan Suara.com di lokasi pukul 17.55 WIB, sejumlah petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api. Asap hitam mengepul ke udara.

Ruas Jalan Kapten Tendean dari arah Jalan Gatot Subroto untuk sementara waktu ditutup. Warga terlihat berada di sekitar lokasi menyaksikan kebakaran tersebut.

Terdengar beberapa kali suara ledakan dari arah Halte. Hingga kini api masih berkobar dan asap terus keluar dari dalam Halte.

Beberapa orang yang ada di lokasi meminta pengendara untuk berputar arah melalui Jalan Gatot Subroto.

Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi untuk menjinakkan api menggunakan selang air dikutip dari suara.com