Keturunan Nabi, Pria Ini Ogah Dipanggil Habib, Alasannya Bikin Haru

Quraish-Shihab2.jpg
(/@quraish.shihab))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Prof Quraish Shihab belakangan ramai diperbincangkan usai podcast Daniel Mananta viral. Pada podcast tersebut, Daniel Mananta berbincang banyak hal dengan pria 79 tahun itu.

Video tersebut kemudian mengingatkan warganet tentang Quraish Shihab yang tak mau dipanggil habib meski merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Akun TikTok agung_warganegara membagikan video saat Najwa Shihab mengungkapkan hal tersebut.

"Sampai sekarang nggak mau dicium tangannya, kecuali sama anak dan cucunya. Nggak mau dipanggil habib di tengah situasi sekarang yang lagi inflasi habib," tutur Najwa Shihab yang disambut tawa oleh penonton.

Ternyata Quraish Shihab selalu mengatakan bahwa habib memiliki arti dicintai dan mencintai. Menurutnya, habib bukanlah sekedar panggilan, tapi lebih dari itu.

 

Seseorang yang dipanggil habib harus dipenuhi cinta di hatinya. Bahkan, dicintai orang lain pun dirasa belum cukup untuk dipanggil sebagai habib.


"Nggak cukup kalau lu hanya dicintai, dicium-cium tangannya, dielu-elukan. Hati lu tuh harus penuh cinta, nggak punya kedengkian, harus selalu rahmat, harus selalu terbuka pada perbedaan, itu," jelas Najwa Shihab.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi video ini.

"Mantap banget omongannya Mbak Najwa," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Mantap itulah orang yang benar-benar berilmu tinggi," ujar warganet ini.

"Salut sama orang tuanya mendidik anak sampai pintar begini. Semoga anakku sama seperti dia yang pintar," tulis warganet lain di kolom komentar.

Di kesempatan lain, Quraish Shihab juga pernah membicarakan hal serupa dengan Najwa Shihab.

"Abi sebagaimana bangga dalam hati dengan garis keturunan Sayyidina Ali. Abi juga bangga dengan garis keturunan dari ibu Abi yang dari Bugis. Kita harus begitu, dong. Iya, kan?" Ungkap Quraish Shihab kepada putrinya di kanal YouTube Najwa Shihab.

Sementara itu, hingga Sabtu (29/7/2023), unggahan ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 700 ribu kali di TikTok dikutip dari suara.com