Jemaah Haji RI Kakek Idun Masih Hilang di Saudi, Pemerintah Masih Cari

Jemaah-haji-asal-RI-Kakek-Idun.jpg
(Istimewa via Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Seorang jemaah haji asal Indonesia, Idun Rohim Zen (87), hingga kini masih berstatus hilang di Arab Saudi. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, memastikan pemerintah Indonesia akan terus melakukan pencarian.

"Kita perintahkan ke petugas untuk terus cari jemaah kita yang masih hilang tanpa batas waktu sampai pihak otoritas Saudi nyatakan yang bersangkutan tidak ditemukan," ujarnya, dikutip dari Liputan6.com, Jumat, 28 Juli 2023.

Menag Yaqut mengatakan pencarian akan terus dilakukan baik oleh SAR Arab Saudi, kepolisian Arab Saudi, maupun Kementerian Agama RI.

"Jadi terus dicari sampai ketemu mudah-mudahan masih hidup kalaupun sudah kondisi wafat ya kita lakukan dengan baik (jenazahnya)," jelasnya.


Pada penyelenggaraan jemaah haji 2023, ada 8 jemaah haji RI yang hilang. Namun, 7 diantaranya sudah ditemukan dengan berbagai kondisi.

"Kemarin 7 orang sudah ditemukan, wafat 3 orang, yang lainnya selamat, dan satu orang belum ditemukan," tuturnya.

Sementara, Idun Rohim Zen yang sudah berusia 78 tahun dari Embarkasi Palembang (PLM) kelompok terbang (kloter) 20, hingga kini masih belum ditemukan.

Ketua Kloter 20 Embarkasi Palembang Maytizah Husna mengungkapkan, Kakek Idun terakhir kali meminta izin ke toilet pada 27 Juni 2023, sekitar pukul 15.30 Waktu Arab Saudi (WAS), atau sore hari di tengah masa wukuf di Arafah.

Sejak saat itu Idun belum kembali ke kloternya. Sementara rombongan Idun akan pulang ke Tanah Air pada 29 Juli mendatang.