Begini Kondisi Terkini Gunung Api Dempo Sumsel Pasca Erupsi

Gunung-Api-Dempo.jpg
((ANTARA])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Gunung Api Dempo yang berada di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan hingga saat ini masih dalam status level dua atau waspada meskipun sudah terjadi erupsi atau letusan pada puncaknya, Selasa (25/7) malam.

"Letusan yang terjadi di Gunung Dempo pada Selasa (25/7) malam merupakan yang kedua pada Juli 2023 ini, meskipun kembali menunjukkan keaktifannya kondisinya masih cukup aman bagi masyarakat setempat dan bagi pendaki," kata Kepala Pos PGA Dempo Pagaralam, Megian Nugraha ketika dihubungi dari Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, Gunung Dempo berstatus waspada (level 2) sudah sejak 1,5 tahun terakhir, di mana status tersebut sama dengan Gunung Api Rinjani di Jambi yang kondisi waspada (level 2) dalam waktu yang lebih lama.

Dalam kondisi sekarang ini, pihaknya mengimbau kepada para pendaki yang akan naik ke Gunung Dempo untuk menjauhi kawah merapi Dempo sekitar satu kilometer dari bibir kawahnya.

"Jika posisi pendaki terlalu dekat dengan bibir kawah merapi Dempo dalam status waspada (level 2) sangat berbahaya kalau terjadi letusan atau erupsi secara tiba-tiba," katanya.



Masyarakat Kota Pagaralam diresahkan dengan adanya informasi terjadi peningkatan status waspada ke level siaga Gunung Api Dempo.

Kapolres Pagaralam AKBP Erwin Irawan, SIK, MH mengatakan, dirinya sudah telah berkoordinasi dengan Kepala BPBD Kota Pagaralam, Jhon Asman dan Petugas Pos Pantau Gunung Api Dempo, Megi.

Hasilnya didapat keterangan tidak ada aktivitas vulkanik yang terjadi baik berupa letusan vulkanis maupun semburan gas dari Gunung Api Dempo.

Status Gunung Api Dempo sejak tahun 2022 hingga saat ini ada pada level II atau Waspada.

Melansir sumselupdate.com-jaringan Suara.com, Kapolres menegaskan jika objek wisata Kampung IV, Tugu Rimau, dan Kebun Teh di kaki Gunung Dempo masih aman untuk dikunjungi oleh wisatawan.

“Situasi di Kota Pagaralam sampai saat ini dalam keadaan aman dan kondusif,” tandasnya dikutip dari suara.com