Paling Kaya se-Asean, Ini Profil Dewi Kam, Ratu Pembangkit Listrik Asal Indonesia

Dewi-Kam.jpg
(tangkapan layar YouTube)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Siapa itu Dewi Kam? Belakangan ini, profil Dewi Kam sering dibicarakan. Pasalnya, Dewi Kam adalah seorang pengusaha perempuan Indonesia yang sukses masuk ke dalam jajaran orang terkaya nomor delapan di Indonesia versi Forbes Real Time Billionaire.

Dengan harta kekayaan mencapai US$ 4,9 miliar atau setara dengan Rp 72,8 triliun, saat ini posisinya berada satu tingkat mengalahkan pemilik CT Corp, Chairul Tanjung yang berharta US$ 4,8 miliar atau setara dengan Rp 71,3 triliun. Seperti apa profil Dewi Kam dan dari mana sumber pendapatannya?

Perlu kalian ketahui, Kekayaan Dewi Kam melonjak pesat hingga 2,69 persen, naik US$129 juta atau Rp1,9 triliun. Di mana, sebelumnya harta Dewi Kam menyentuh angka US$2 miliar dan berada di peringkat ke-21 orang terkaya di Indonesia pada Desember 2022 lalu. Bagaimana, semakin penasaran dengan profil Dewi Kam?

Profil Dewi Kam

Dewi Kam dinobatkan sebagai seorang perempuan terkaya di Asia Tenggara. Dan menariknya, Dewi Kam adalah seorang pengusaha asal Indonesia.

Dilansir dari laman Forbes Real Time Billionaires, Minggu (23/7/2023), total harta kekayaan Dewi Kam saat ini ditaksir mencapai nilai US$ 4,3 miliar atau Rp 64,5 triliun (kurs Rp 15.000/dolar AS).



Kekayaan Dewi Kam itu terpaut cukup jauh dari beberapa wanita terkaya di Asia Tenggara lainnya seperti Somurai Jaruphnit asal Thailand dengan kekayaan mencapai US$ 3,9 miliar.

Menurut catatan Forbes, Dewi Kam memang menjadi seorang wanita terkaya nomor 1 di ASEAN. Namun, kalau dilihat dari kacamata yang lebih besar, Dewi Kam menduduki posisi ke-659 sebagai wanita terkaya di dunia.

Diketahui, Dewi Kam memiliki saham sekitar 10 persen di perusahaan Bayan Resources. Ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara yang dimiliki oleh orang terkaya Indonesia, Low Tuck Kwong.

Selain itu, Dewi Kam juga dikenal cukup luas sebagai pengusaha yang menjalankan bisnis pembangkit listrik, salah satunya adalah lewat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Dirinya terlibat di dalam proyek PLTU Jeneponto, Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Dewi Kam sendiri terlibat dalam proyek PLTU Jeneponto lewat PT Sumber Energi Sakti Prima yang bekerja sama dengan PT Bosowa Energi.

Kemudian, Dewi Kam juga menjadi pemilik PT Sumber Gas Sakti Prima. Perempuan terkaya RI ini diketahui punya 91% saham bersama dengan Richard Jasin. Bahkan, Dewi Kam juga pemegang saham Birken Universal Corporation dan Direktur Savill Universal Ltd yang berlokasi di British Virgin Island, serta pemegang saham Overseas Finance Ltd yang ada di Samoa.

Dewi Kam juga tercatat sebagai pemegang saham Birken Universal Corporation dan Direktur Savill Universal Ltd yang berlokasi di Britisih Virgin Islands, dan pemegang saham Overseas Finance Ltd yang bertempat di Samoa Tak hanya itu, Dewi Kam juga diketahui sebagai nominee director Execorp Limited, dan nominee Shareholder Portcullis Nominees (BV) Limited, dan Sharecorp Limited.

Lalu pada 2006 ketika Indonesia dan China melakukan kesepakatan kontrak proyek energi sebesar US$3,56 triliun atau Rp52.769 triliun, Dewi Kam menghadiri penandatanganan kontrak dikutip dari suara.com

Proyek yang dikelola adalah Coal Based Chemical Plant di Balocci, Pangkep, Sulawesi Selatan dengan nilai US$687 juta atau setara dengan Rp10,1 triliun.

Demikian ulasan mengenai profil Dewi Kam yang menarik untuk disimak.