Nasib Ribuan Tenaga Honor Pekanbaru di Tengah Rencana Penghapusan Tenaga Honor

Demo-guru-honorer-di-gubernuran.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemerintah berencana melakukan penghapusan tenaga honorer pada 28 November 2023 mendatang. Namun hingga kini Pemerintah Kota Pekanbaru belum memastikan bagaimana nasib ribuan tenaga honor yang ada.

"Masih belum ada arahan lebih lanjut terkait rencana ini," jelas Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru, Fabillah Sandy Syahar, Rabu 19 Juli 2023.

 

Pihaknya hingga kini menanti teknis untuk penghapusan tenaga honor di lingkungan pemerintah. Ia masih menunggu arahan dari pemerintah pusat untuk menghindari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap ribuan tenaga honor itu.

 

BPKSDM mencatat jumlah tenaga honor lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru mencapai 8.900 orang. Mereka merupakan para tenaga honor yang menyebar di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Jumlah tenaga honor diketahui setelah pendataan untuk memastikan jumlah tenaga honor yang ada di 45 OPD lingkungan pemerintah kota yang berlangsung pada Juni 2022 lalu.


 

"Jumlahnya masih belum ada penambahan, kurang lebih masih sama dengan tahun 2022," ungkapnya.

 

 

 

 

Dirinya menyebut bahwa untuk gaji para tenaga honor merupakan tanggung jawab OPD. Pasalnya, dalam perekrutan tenaga honor dilakukan oleh OPD yang membutuhkan.

 

"Untuk gaji atau honor mereka, ya dianggarkan di masing- masing OPD nya," jelasnya.