Harga Kebutuhan Pokok Sedikit Naik di Tengah Ancaman El Nino

Zulkifli-hasan4.jpg
(Biro Humas Kementerian Perdagangan)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Masyarakat akan menghadapi puncak El Nino pada Agustus-September 2023. Mendag Zulkifli Hasan menyatakan pentingnya menjamin ketersediaan pangan.

 

"Segala cara harus diupayakan agar ketersediaan pangan bagi masyarakat tetap terjamin," ujar Zulkifli Hasan ketika berkunjung ke Pasar Siger Bakauheni, Lampung Selatan, pada hari Rabu (19/7/2023.

Beliau menyatakan bahwa saat ini persediaan stok pangan dari berbagai komoditas seperti beras, gula, telur, dan bawang sudah mencukupi.

Oleh karena itu, pemerintah terus berusaha untuk menjaga stabilitas harga pangan di pasar agar tidak ada pihak konsumen atau produsen yang merugi.


"Tugas pemerintah adalah menjaga agar harga dan stok pangan tetap stabil, tidak hanya turun atau naik saja. Misalnya, harga bawang merah yang seharusnya Rp35 ribu per kilogram tidak boleh turun menjadi hanya Rp25 ribu per kilogram. Meskipun konsumen senang, ini tidak boleh terjadi karena bisa merugikan para petani," jelasnya.

Beliau menambahkan bahwa dalam menghadapi puncak El Nino, pemerintah akan berusaha untuk mengatur harga pangan agar tetap terjangkau.

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Tradisional Bakauheni, Lampung Selatan, yaitu Iis Seratna, berharap ada upaya stabilisasi harga dan pasokan pangan oleh pemerintah menghadapi puncak El Nino.

"Kami berharap harga semua bahan pangan tetap stabil menjelang musim kemarau. Saat ini, harga beberapa bahan pangan mengalami kenaikan, termasuk minyak goreng merek Minyakita yang harganya produsen Rp14 ribu per liter, harga grosir Rp15 ribu per liter, dan dijual eceran Rp16 ribu per liter," tambahnya.

Selain itu, harga beras medium juga naik dari Rp100 ribu per 10 kilogram menjadi Rp110-Rp115 ribu per 10 kilogram, dengan harga beli sebesar Rp105 ribu per kilogram.

"Meskipun ada sedikit kenaikan harga, daya beli masyarakat tetap stabil. Harga bawang merah masih terjangkau sebesar Rp32 ribu per kilogram, bawang putih Rp40 ribu per kilogram, dan gula pasir Rp14 ribu per kilogram," tambahnya lagi dikutip dari suara.com