Respons Jokowi Fotonya Bersanding dengan Prabowo hingga Politikus NasDem

Jokowi-dan-Prabowo9.jpg
(Riau online/Bagus Pribadi)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Para tokoh politik semakin banyak memasang foto bersama Presiden Joko Widodo. Foto Jokowi disandingkan dengan sejumlah tokoh politik, mulai tingkat nasional hingga daerah.

Dalam video yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (11/7/2023), Jokowi menanggapi fenomena tersebut. Ia mengatakan, fotonya tak hanya disandingkan dengan capres seperti Prabowo Subianto, tapi juga digunakan oleh partai politik atau politikus lainnya.

"Ya gimana ya? Foto saya kan tidak dipasang oleh Pak Prabowo saja. Oleh Gerindra saja. Oleh PDI juga ada, oleh PSI juga ada," kata Jokowi.

Bahkan, menurut presiden, fotonya juga dipasang oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat yang berasal dari Partai NasDem.

Namun Jokowi enggan menanggapi ketika ditanya apakah dirinya akan mempermasalahkan baliho bergambar dirinya yang digunakan oleh pihak lain.

Gerindra akui sengaja pasang foto Jokowi

Jumlah baliho yang mamajang sosok Jokowi belakangan ini memang banyak ditemukan. Salah satunya yang menyandingkannya dengan bacapres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Di Semarang, Jawa Tengah, bahkan terdapat 200-an baliho bergambar Jokowi dan Prabowo. Ketua Dewan Perwakilan Cabang partai Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso mengakui kalau pihaknya lah yang memasang baliho tersebut.


Tujuannya, kata Joko, adalah untuk mengingatkan masyarakat kalau Jokowi pernah berkata bahwa 2024 adalah jatahnya Prabowo.

Tanggapan PDI Perjuangan

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto nampak kurang gembira dengan munculnya baliho bergambar Jokowi yang disandingkan dengan tokoh politik lainnya.

Ia menduga ada upaya-upaya tertentu di balik beredarnya baliho tersebut, di antaranya untuk menggerus elektabilitas PDI Perjuangan.

Dugaan itu muncul karena baliho tersebut bermunculan di daerah-daerah yang merupakan lumbung suara partai berlambang banteng itu.

"Di daerah Sumatera Barat, Aceh, Jawa Barat, (baliho) itu enggak ada, sedikit sekali. Bahkan, Sumatera Barat itu praktis tidak ada. Jadi itu foto untuk memancing elektoral," kata Hasto di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar, Jakarta pada 8 Juli 2023.

Partai Garuda ikut angkat bicara

Sementara itu tanggapan mengenai maraknya foto Jokowi bersama tokoh politiklain mengundang perhatian dari Partai Garuda.

Wakil ketua Umum Partai Teddy Gusnaidi mengatakan, pemasangan baliho bergambar Jokowi tersebut tidak perlu dipermasalahkan.

Dalam pernyataan resminya, Teddy mengatakan, Jokowi adalah Presiden Indonesia, jadi siapapun boleh menggunakan fotonya.

“Selama masih dalam ranah kebangsaan dan tidak dipergunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum, tentu sah-sah saja,” ucap Teddy, dikutip Selasa (11/7/2023).

Selain itu, Tambah Teddy, semua partai politik dan bakal calon presiden juga memiliki keinginan untuk melanjutkan kerja-kerja Jokowi.

Sehingga tak ada salahnya jika partai tersebut menggunakan foto Jokowi sebagai simbol keberlanjutan kerja presiden di pemerintahan periode berikutnya dikutip dari suara.com