Novel Baswedan Bongkar Transaksi Mencurigakan Pegawai KPK, Tembus Rp 300 M

Gedung-KPK.jpg
(liputan6.com)

RIAU ONLINE - Mantan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, membongkar transaksi mencurigakan yang dimiliki pegawai KPK. Novel menyebut nilainya mencapai Rp 300 miliar.

Novel mengungkap transaksi mencurigakan ratusan miliar rupiah itu berdasarkan temuan dari Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK).

"Laporan PPATK itu terhadap seorang pegawai KPK di penindakan dan itu nilai transaksinya Rp300 miliar, dan saya duga lebih, ada yang katakan hampir Rp 1 triliun bahkan," kata Novel lewat chanel YouTube miliknya, dikutip dari Suara.com, Senin, 3 Juli 2023.

Novel menduga mantan pegawai KPK itu tidak bekerja sendiri, melainkan melibatkan pihak lain.

"Saya meyakini atau menduga kuat dia ini enggak bekerja sendiri. Ada level-level struktural bisa jadi ya," kata dia.



"Tapi itu harus diperiksa. Ketika enggak diperiksa, bagaimana bisa dipastikan. Masak iya sih, level penyidik berani sampai sebesar itu?" sambungnya.

Novel menyayangkan KPK yang tidak menindaklanjuti dugaan temuan PPATK tersebut, padahal Dewan pengawas KPK, sebutnya sudah melakukan pemeriksaan. Novel pun menyebut bahwa pegawai itu telah mengundurkan diri dari lembaga antirasuah tersebut.

"Tapi itu enggak diperiksa, padahal sudah diperiksa Dewan Pengawas KPK. Tapi kemudian mengundurkan diri dan lewat," ujarnya.

Sementara itu, Humas PPATK Natsir Kongah ketika dikonfirmasi wartawan, menyatakan setiap temuan PPATK disampaikan ke aparat penegak hukum.

"Tanyakan langsung kepada penyidiknya ya. Setiap ada hasil analisis yang dilakukan disampaikan kepada penegak hukum sesuai dengan ketentuan yang ada," kata Natsir.