Ada Metaverse, Alibaba Cloud Rilis Produk AI Baru ke Indonesia

Alibaba-Cloud.jpg
(Suara.com/Dicky Prastya])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Alibaba Cloud memperkenalkan sejumlah produk kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) terbarunya ke Indonesia. Perusahaan penyedia layanan komputasi awan ini merilis sebuah wadah untuk mengelola metaverse.

Director of Indonesia Solution Architect Alibaba Cloud Intelligence, Eggy Tanuwijaya menurutkan, kehadiran tiga produk dan layanan AI baru ini ditujukan demi membantu mendorong inovasi dan meningkatkan kinerja klien di berbagai sektor.

"Alibaba Cloud mengumumkan peluncuran beberapa produk dan solusi baru terkait AI di Indonesia guna membantu mendorong inovasi dan meningkatkan kinerja klien di berbagai sektor," kata Eggy dalam konferensi pers Alibaba Media Roundtable di Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Adapun tiga produk dan layanan Alibaba Cloud terkait AI ini mencakup EasyDispatch, AnalyticDB for PostgreSQL (ADBPG), dan Cloudverse.

Eggy menjelaskan, EasyDispatch adalah solusi logistik berbasis AI milik Alibaba Cloud. Ini diperkenalkan untuk meningkatkan manajemen rantai pasokan (supply chain) sekaligus mengurangi biaya logistik.


"Ini adalah solusi pengiriman layanan real time yang efisien, di mana fitur-fitur digabungkan secara terpusat dengan tenaga Al, dan Perencanaan Rute Kendaraan (Vehicle Route Planning)," katanya.

Layanan ini juga dibuat dengan algoritma yang dilatih untuk mencapai hasil optimal dalam batasan bisnis yang telah ditentukan.

Dengan pembelajaran AI (AI learning) terbaru, ini bisa meningkatkan kemampuan dan efisiensi pengiriman layanan lapangan dengan menyediakan kemampuan pemrosesan alamat dengan akurasi tinggi dan layanan pengiriman secara real time.

Produk AI Alibaba Cloud kedua adalah AnalyticDB for PostgreSQL (ADBPG). Ini menyediakan plugin pengambilan yang membantu pelanggan membuat aplikasi Generative AI (GenAI) menggunakan berbagai model bahasa yang besar.

Database vektor memungkinkan pelanggan untuk mengakses data eksklusif mereka dan mengembangkan konten GenAI yang dipersonalisasi dengan cara yang lebih efisien dan hemat biaya tanpa perlu proses penyesuaian yang rumit.

Terakhir adalah Cloudverse. Ini adalah solusi satu atap Alibaba Cloud untuk merancang, membangun, dan mengelola ruang Metaverse untuk pelanggan.

Eggy mengklaim, dengan infrastruktur cloud milik Alibaba Cloud yang dapat diskalakan, sangat efisien, dan aman, solusi ini menyediakan konstruksi tempat Metaverse yang sederhana dan cepat, layanan tata kelola dan perencanaan lahan profesional, serta ekosistem terbuka untuk membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan di Metaverse dikutip dari suara.com