Menerka Restu Megawati di Balik Pertemuan PDIP dengan Demokrat

megawati-soekarnoputri12.jpg
(Dok PDIP)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Muncul pertanyaan apakah Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputris setuju dengan wacana rekosiliasi PDIP dengan Partai Demokrat.

Pertanyaan itu muncul terkait rencana Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sebelumnya juga kedua sekjen partai sudah lakukan pertemuan terlebih dahulu.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDI Perjungan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat memberikan jawaban.

"Untuk persoalan kebangsaan, ibu sikapnya jelas, bagaimana kita semua harus bersatu untuk bisa membangun dan menjaga kesinambungan pembangunan Indonesia. Ibu memastikan seperti itu," kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Menurutnya, atas dasar itu lah Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto membuka komunikasi dengan Demokrat. Ia menilai Demokrat juga memberikan respons yang positif.

"Oleh sebab itu bagian dari niat yang baik Pak Sekjen sudah menawarkan kepada partai Demokrat untuk melakukan komunikasi dan responsnya cukup positif. Berarti kita punya persepsi yang sama mudah-mudahan di dalam membangun indonesia ke depan seperti apa," ungkapnya.


Di sisi lain, Djarot juga menyampaikan, jika Megawati selalu membangun komunikasi dengan siapapun. Bahkan ia menugaskan Puan dalam membangun komunikasi tersebut.


"Kita di DPR, di Parlemen, dengan teman-teman dari Demokrat, Nasdem itu guyub rukun, pengambilan keputusan selalu dengan musyawarah mufakat. Kami di komisi juga bersahabat baik dengan Demokrat. Bisa gitu ya. Jangan kemudian dihadap-hadapkan untuk persoalan tantangan ke depan," pungkasnya.


Pertemuan PDIP-Demokrat

PDIP dan Partai Demokrat sudah membuka komunikasi lebih dulu, sebelum Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY melangsungkan pertemuan.

Adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya yang melakukan komunikasi dengan melangsungkan pertemuan di RM Ayam Berkah Melawai, Blok M, Jakarta. Turut mendampingi Hasto, yakni Wasekjen PDIP Utut Adianto.

Informasi pertemuan kedua sekjen disampaikan Wasekjen Demokrat Jansen Sitindaon.

"Dari informasi yang disampaikan sekjen kami bang Teuku Riefky, pertemuannya berjalan dengan baik dan hangat. Dan dipertemuan tadi dibahas untuk mengatur waktu yang pas kapan Mas AHY dan Mbak Puan bertemu sambil mencocokkan jadwal masing-masing," kata Jansen, Senin (12/6/2023).

Dalam sebuah foto yang dipublikasikan ke media, tampak Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto duduk satu meja dengan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya. Keduanya tampak akrab, dalam foto tersebut keduanya juga tampak berjabat tangan erat sembaru tersenyum ke kamera.

Jansen mengatakan, PDIP memahami posisi Demokrat yang sampai hari ini sedang berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama NasDem dan PKS untuk mendukung Anies Baswedan. Sebaliknya Demokrat memahami posisi PDIP yang telah mengusung Ganjar Pranowo.

"Ada juga kesamaan pertemuan Mas AHY dan Mbak Puan nanti akan membahas berbagai persoalan kebangsaan, Pemilu kita yang baik ke depan dan berbagai hal lain tentang Indonesia kita. Jadi bukan sekedar membahas soal Pilpres semata walau tidak dapat dihindari momennya sekarang itu," kata Jansen dikutip dari suara.com