Laporan: Dwi Fatimah
RIAU ONLINE, PEKANBARU-PT Bank Danamon Indonesia Tbk dalam rangkaian acara peringatan hari jadi ke 65 tahun, melalui Danamon Peduli berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa mendirikan Rumah Sakit Darurat untuk membantu penanganan pasien COVID-19.
Rumah Sakit Darurat ini didirikan di tiga Rumah Sakit rujukan COVID-19 yaitu RSUD Taman Sari Jakarta Barat, RSUD Budhi Asih Jakarta Timur dan Rumah Sakit Polri Sukanto.
Rumah Sakit Darurat ini dilengkapi dengan peralatan yang sesuai dengan standar Rumah Sakit, serta kebutuhan kesehatan darurat lainnya, seperti mesin monitor pasien, toilet portable, Air Conditioner portable, cairan infus, Alat Pelindung Diri (APD), paket kesehatan vitamin, kursi roda dan sarana pendukung lainnya.
Direktur Syariah & Sustainability Finance Danamon, Herry Hykmanto menjelaskan Bank Danamon ingin seluruh pasien yang membutuhkan penangana medis bisa segera mendapatkan akses layanan Kesehatan secara cepat dan tepat.
“Kami ingin menyampaikan empati yang sedalam-dalamnya terutama bagi pasien yang terpapar COVID-19 dan keluarga yang terdampak. Berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, kami berharap Rumah Sakit Darurat ini bisa bermanfaat bagi banyak orang dan dapat membantu Pemerintah dalam penanganan kasus COVID-19 di Indonesia,” Jelas Herry.
“Masih banyak masyarakat terdampak COVID-19 yang membutuhkan fasilitas kesehatan mulai dari obat-obatan, vitamin, hingga ruang rawat inap intensif. Kolaborasi Danamon dengan menggandeng berbagai pihak, merupakan upaya untuk saling bahu membahu membantu banyak orang di masa pandemi ini,” Tambah Herdiansah, Direktur Direktur CSR Dompet Dhuafa
Danamon sebagai bagian dari masyarakat, turut berkontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19 melalui bantuan asuransi perlindungan terhadap para relawan COVID-19 dari risiko jaminan kematian dan kecelakaan kerja.
Berkolaborasi bersama Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) dan BPJamsostek sebagai pengelola. Bantuan asuransi ini meliputi: Biaya perawatan dan pengobatan, transportasi, Sementara Tidak mampu Bekerja (STMB), santunan cacat, santunan kematian, biaya rehabilitasi, serta bantuan beasiswa.
Selama masa pandemi, Danamon secara berkesinambungan terus berupaya mendukung pemerintah dengan menyerukan gerakan kampanye “Positivity Saves Lives” yang merupakan kampanye dengan melibatkan peran nasabah dan masyarakat dalam menyediakan 11.000 Alat Pelindung Diri (APD) untuk rumah sakit dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang disalurkan oleh Indonesia Kuat dan didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
Danamon juga telah mendonasikan lebih dari Rp 1 miliar melalui Benih Baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok mitra pengemudi penyedia transportasi daring.
Danamon bersama MUFG, Adira Finance, dan institusi terkait juga telah mengadakan sentra vaksinasi dengan menyalurkan lebih dari 12.500 dosis vaksin yang ditargetkan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pengemudi transportasi daring, masyarakat lanjut usia, serta karyawan lini terdepan yang menghadapi nasabah dari ketiga lembaga jasa keuangan tersebut.
Selain itu, sebagai bagian dari HUT 65 Danamon juga terus berkomitmen dalam semangat kesejahteraan melalui Aksi Danamon Peduli, yang di antaranya mendukung pergerakan ekonomi melalui program Aksi Pasar Sehat dan Tangguh, serta mengadakan Aksi Air & Sanitasi Untuk Nusantara yang berupa program fasilitas sanitasi dan sumber air bersih untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah yang membutuhkan.
Kolaborasi Danamon dengan berbagai pihak memberikan semangat yang baru bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Danamon percaya, bersama kita bisa tumbuh lebih cepat dan lebih jauh.
Semangat kolaborasi ini juga mendapatkan apresiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diberikan pada Maret lalu, berupa penghargaan sebagai Lembaga usaha yang terlibat aktif dan konsisten dalam penanggulangan bencana.