Biar Tak Terjebak Gaya Hidup Hedon, Begini Trik Kelola Keuangan untuk Gen Z

Ilustrasi-kelola-keuangan.jpg
(Freepik via Suara.com)

Laporan: Afifah Zahrah Zabaldi

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Generasi Z atau Gen Z yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, dikenal dengan generasi cerdas dalam menggunakan teknologi dan memiliki kesadaran finansial yang tinggi. 

Namun, Gen Z rentan melakukan perilaku boros dan tidak mampu mengelola keuangan dengan benar. Terutama, saat harga kebutuhan dan banyak barang barang kian melonjak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bahkan menyebut Gen Z akan sulit memiliki rumah, karena harga lahan yang tinggi dan risiko kenaikan bunga, tidak sebanding dengan pendapatan per bulan mereka.

RIAU ONLINE telah merangkum sejumlah tips dan trik mengelola keuangan agar Gen Z terhindar dari risiko kekurangan uang. Apa saja?

1. Gunakan Aplikasi Keuangan

Aplikasi keuangan akan membantu kamu melacak pengeluaran dan pendapatan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat anggaran, memantau tabungan, bahkan menjadi pengingat untuk tagihan.

2. Tetapkan Anggaran Bulanan

Hitung pendapatan serta pengeluaran bulanan kamu. Kemudian, alokasikan persentase penggunaan uang untuk kebutuhan, tabungan, dan hiburan, agar dapat menghindari pengeluaran berlebihan.

3. Membuat Tabungan


Mulailah menabung, meski dari jumlah yang kecil. Misalnya, kamu bisa menyisihkan 10-20 persen uang bulanan yang kamu dapatkan.

4. Investasi Masa Depan

Investasikan beberapa persen uang kamu untuk berjaga-jaga dan tabungan di masa depan. Pelajari soal investasi saham atau investasi emas. 

Dengan Investasi emas kamu bisa mendapat keuntungan beberapa bulan atau tahun setelah pembelian.

5. Manfaatkan Diskon atau Cashback

Cari diskon atau penawaran cashback saat berbelanja. Gunakan kartu yang menawarkan cashback atau gunakan aplikasi dengan diskon pada setiap pembelian untuk menghemat pengeluaran.

6. Hindari Utang yang Tidak Perlu

Usahakan untuk tidak berutang, terutama pada kepentingan yang tidak mendesak. Jika harus berutang, pahami syarat dan bunga yang berlaku agar tidak terjebak utang yang akhirnya sulit dilunasi.

7.Hindari Gaya Hidup Hedon

Gaya hidup juga menjadi faktor untuk mengelola uang. Gaya hidup minimalis membantu mengurangi pengeluaran berlebih dan menghargai apa telah dimiliki.

8. Jadwalkan Pengeluaran Rutin

Buat jadwal langganan atau tagihan untuk menghindari kejutan di akhir bulan dan pastikan setiap kewajiban dibayar tepat waktu.

9. Edukasi Diri

Belajar tentang manajemen keuangan, investasi, dan tren ekonomi dari buku podcast atau artikel online untuk meningkatkan pengetahuan finansial.

Mengelola uang dengan bijak adalah keterampilan yang sangat penting, terutama bagi Gen Z yang akan menghadapi tantangan finansial di masa depan. Dengan memanfaatkan teknologi, menetapkan anggaran, dan terus belajar tentang manajemen keuangan, kamu bisa mengambil langkah proaktif untuk membangun kestabilan finansial.