Perempuan Harus Tahu, Ini Tanda-tanda Haid Berbahaya Berisiko Tumor

Ilustrasi-nyeri-haid.jpg
(Istimewa)

Laporan: Suci

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menstruasi atau yang sering disebut haid, adalah proses alami yang dialami oleh perempuan dalam usia reproduksi. Ini adalah bagian dari siklus menstruasi bulanan yang menandai kesuburan wanita.

Setiap perempuan pasti pernah mengalami perubahan siklus haid. Namun apakah kamu pernah merasakan perubahan yang signifikan, seperti periode haid lebih pendek atau panjang dari biasanya, pendarahan yang lebih banyak atau nyeri haid yang tak tertahankan? 

Jika iya, waspadalah. Ini bisa menjadi tanda bahaya yang perlu segera ditangani. Bahkan, dapat memicu miom atau tumor jinak yang tumbuh di dinding Rahim. 

Tumor jinak berarti tidak bersifat kanker dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya, tetapi sangat berbahaya untuk rahim.

Berikut tanda haid yang berbahaya yang harus diwaspadai:

1. Perubahan siklus haid yang signifikan

Siklus haid normal berkisar antara 21 hingga 35 hari. Jika jarak periode haid kamu tiba-tiba menjadi lebih pendek atau panjang dari biasanya, mungkin ada masalah kesehatan yang perlu diperiksa.

Durasi haid normal berkisaran antara 3 hingga 7 hari. Jika haid kamu berlangsung lebih lama dari biasanya, bisa jadi ada masalah seperti tiroid, polim rahim. 

Perubahan jumlah darah haid yang signifikan lebih baik banyak atau lebih sedikit, dapat menjadi tanda masalah kesehatan. Pendarahan yang sangat banyak bisa menjadi tanda anemia, sedangkan pendarahan yang sedikit bisa menjadi tanda gangguan hormon.

2. Nyeri Haid yang berat dan tidak biasa



- Dismenorea

Nyeri haid yang berat dan tidak biasa bisa menjadi tanda adanya endometriosis, fibroid, atau infeksi panggul. 

- Nyeri yang berbeda

Jika Anda merasakan nyeri haid yang berbeda dari biasanya, seperti nyeri yang tajam, menusuk, atau menjalar ke bagian tubuh lainnya, segera konsultasikan dengan dokter.

3. Gejala lain yang menyertai

 - Nyeri panggul

Nyeri panggul yang terus-menerus bisa menjadi tanda fibroid, endometriosis, atau infeksi panggul.

- Perubahan berat badan

Penurunan atau peningkatan berat badan yang drastis bisa menjadi tanda gangguan hormon atau masalah kesehatan lainnya.

- Kelelahan

Kelelahan yang berlebihan bisa menjadi tanda anemia atau masalah kesehatan lainnya.

4. Warna dan bentuk darah haid pada pembalut

Warna darah haid yang normal biasanya merah kecoklatan atau merah gelap. Namun ada beberapa warna darah haid yang bisa menjadi tanda bahaya dan perlu diwaspadai. 

Jika darah bergumpal-gumpal dan warnanya lebih gelap, lebih hitam, kemudian ada kayak puding atau agar-agar, itu mungkin ada miom yang bisa menyebabkan jumlah darah haid berlebihan.

Perubahan siklus menstruasi atau haid bisa menjadi sinyal adanya masalah Kesehatan yang serius. Jika kamu mengalami perubahan yang signifikan, jangan ragu untuk konsultasikan dengan dokter. Deteksi dini dan penanganan yang tepat dapat membantu mencegah komplikasi kesehatan yang lebih serius.