Kenalan dengan Markisa Brasil, Buah Liar Punya Segudang Manfaat

Markisa-Brasil.jpg
(Istimewa)

Laporan: Syahrani

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Markisa brasil yang juga dikenal sebagai markisa mini atau markisa kuning, adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan.

Kulitnya tipis, berwarna kuning keemasan, dan berisi biji-biji kecil yang dikelilingi oleh daging buah yang lembut dan berair. 

Di Indonesia, buah ini masih dikenal sebagai buah liar. Padahal, markisa berukuran kecil yang punya rasa asam manis ini punya segudang manfaat bagi kesehatan.

RIAU ONLINE telah merangkum 6 manfaat buah markisa Brasil untuk kesehatan, yakni sebagai berikut:

1. Kaya Antioksidan

Markisa mini kaya akan antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, vitamin C, dan piceatannol. Antioksidan ini berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.



2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Markisa mini mengandung serat yang tinggi. Serat ini membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Markisa mini rendah kalori, natrium, dan lemak. Kandungan seratnya juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C dalam markisa mini membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C berperan dalam meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi dan penyakit. 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Markisa mini mengandung kalium yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.  

6. Mengurangi Risiko Kanker

Markisa mini kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, zat besi, kalium A, dan serat makanan. Kandungan ini dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker.