Jadi Pemilih Cerdas Saat Pilkada, Simak Tipsnya

Ilustrasi-Pilkada-2024-2.jpg
(ANTARA/Afif)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak sudah berjalan. Pada tanggal 27 November mendatang, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memenuhi syarat harus menggunakan hak pilihnya untuk menentukan calon kepala daerah terbaik demi kemajuan daerah dan bangsa. 

Semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi dan semakin cerdas masyarakat menggunakan hak pilihnya, maka semakin kecil pula kesempatan kecurangan Pilkada oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karenanya, penting bagi masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas, agar dapat menentukan pilihan yang tepat. Berikut sejumlah tips agar kita dapat menjadi pemilih yang cerdas.

1. Aktif



Menjadi pemilih yang cerdas, pertama-tama Anda harus aktif. Seperti memastikan diri telah memenuhi syarat sebagai pemilih dan sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2024. 

2. Mencari tahu rekam jejak atau riwayat Paslon Pilkada

Menjelang hari pemungutan suara, Anda bisa mencari tahu riwayat hidup dan rekam jejak para calon yang ada di daerah Anda. Misalnya, apakan Paslon tersebut pernah tersandung kasus pidana, apa saja jabatan yang pernah ia emban, dan seperti apa sepak terjang calon tersebut selama menjabat.

3. Mengikuti perkembangan Pilkada

Selalu ikuti perkembangan isu-isu politik yang ada didaerah Anda. Anda juga bisa mencari isu ekonomi dan pendidikan, kesehatan atau isu yang relevan pada Pilkada 2024. Carilah informasi dari sumber yang kredibel. Informasi yang kredibel dapat mencegah Anda termakan isu hoaks.

4. Ikuti diskusi publik 

Ambil bagian dalam diskusi publik untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut. Dengan diskusi, Anda juga bisa saling bertukar pikiran dengan orang lain terkait calon seperti apa yang sedang dibutuhkan oleh daerah.