Jangan Asal, Ini 5 Tips Bersihkan Softlens Agar Mata Tak Iritasi

Ilustrasi-softlens.jpg
(pexels/Nataliya via Suara.com)

Laporan: Syahrani

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Softlens adalah lensa kontak yang terbuat dari bahan lembut dan fleksibel. Biasanya, terbuat dari plastik tipis yang menyerap air. 

Lensa ini dirancang untuk menutupi kornea (bagian bening di mata) dan memberikan koreksi penglihatan. 

Memperhatikan kebersihan sebelum memakai softlens perlu dilakukan agar tidak menyebabkan iritasi pada mata.

Ada beberapa cara untuk membersihkan softlens, seperti yang telah dirangkum RIAU ONLINE, Senin, 2 September 2024:

1. Cuci Tangan

Pastikan selalu mencuci tangan sebelum menyentuh softlens. Gunakan sabun non-kosmetik tanpa parfum, minyak, atau lotion yang dapat menyebabkan iritasi pada mata.



2. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Gunakan cairan pembersih khusus softlens yang direkomendasikan oleh dokter mata. Bersihkan softlens dengan lembut menggunakan cairan tersebut.

3. Jangan Gunakan Air

Hindari menggunakan air untuk membersihkan softlens, karena air mengandung kuman yang dapat menyebabkan infeksi pada mata.

4. Simpan Softlens dengan Benar

Simpan softlens dalam wadah yang bersih dan isi wadah dengan cairan pembersih untuk menjaga kebersihan dan kesterilan softlens.

5. Jangan Gunakan Softlens Terlalu Lama

Jangan gunakan softlens lebih lama dari yang disarankan oleh dokter mata. Pemakaian softlens lebih dari 8 jam bisa meningkatkan risiko iritasi dan infeksi pada mata kamu.

Sebelum menggunakan softlens, konsultasikan dengan dokter mata untuk memastikan softlens cocok dan untuk mendapatkan petunjuk tentang cara merawat softlens dengan benar. 

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kamu dapat menjaga softlens tetap bersih, steril, dan mengurangi risiko iritasi pada mata.