Tahukah Kamu? 5 Buah Kaya Antioksidan Ini Ampuh Atasi Jerawat

Ilustrasi-pepaya.jpg
(Istimewa)

Laporan: Suci Aprilia Putri

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Tahukah kamu? Buah-buahan memiliki khasiat luar biasa untuk kulit. Hebatnya, sejumlah buah yang kaya antioksidan mampu mengatasi jerawat.

Jerawat merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk produksi minyak berlebihan, bakteri, dan peradangan. Namun dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu dapat membantu mengatasi jerawat, seperti buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan  bermanfaat untuk kesehatan kulit, termasuk mengatasi jerawat.

Berikut beberapa buah yang ampuh untuk mengatasi jerawat:

1. Pepaya

Pepaya kaya vitamin A, E, B dan C, yang membantu meredakan peradangan pada jerawat dan mempercepat proses penyembuhan. Pepaya juga mengandung enzim papain yang bersifat anti inflamasi, enzim ini membantu membersihkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, mengurangi peradangan. Selain itu, pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat membantu membersihkan kulit dari radikal bebas, dan menjaga kesehatan kulit, termasuk meminimalisir masalah jerawat.

2. Labu



Labu mengandung asam alfa hidroksi yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Ketidakseimbangan pH kulit seringkali menjadi pemicu jerawat. Labu juga memiliki kandungan zinc yang dikenal sebagai agen penyembuh alami yang membantu mempercepat proses penyembuhan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

3. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin E dan C yang merupakan antioksidan alami, seperti antioksidan yang sangat ampuh untuk masalah kulit berjerawat. Mengomsumsi kiwi dapat mencegah kekurangan dan kelebihan produksi sebum. Vitamin A dalam kiwi memiliki peran dalam mengontrol produksi sebum pada wajah. Rutin mengonsumsi kiwi dapat membantu mengurangi masalah jerawat.

4. Buah Beri

Berbagai jenis buah beri, seperti strawberry, ceri, dan anggur, yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kulit. Buah beri juga menjaga kelembaban kulit, dengan konsumsi buah beri secara teratur dapat membantu hidrasi kulit, sehingga mengurangi kemungkinan timbul jerawat akibat kulit kering.

5. Jeruk

Jeruk yang akan kaya vitamin C dapat membantu mengatasi kulit berjerawat.  Jeruk juga membantu mencegah bekas jerawat.

Jeruk memiliki sifat penyegar yang cocok untuk digunakan sebagai toner alami. Selain itu, jeruk juga membantu kulit tetap terhidrasi dan sehat.

Nah itulah, beberapa jenis buah-buahan yang membantu mengatasi masalah kulit berjerawat. Dengan mengomsumsi buah yang mengandung antioksidan, kamu bisa atasi jerawat dengan mudah.