Selamat Tinggal Voice Note, WhatsApp Bakal Hadirkan Transkrip Audio

WA6.jpg
(pixabay)

RIAU ONLINE - WhatsApp memberi kemudahan dalam mengirim pesan, bahkan dalam bentuk voice note atau pesan suara. Namun, terkadang pengguna WhatsApp berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk mendengar voice note.

Kini, WhatsApp tengah menguji fitur terbaru, transkrip audio dari voice note. Seperti namanya, fitur ini menunjukkan transkrip dari catatan suara yang diterima pengguna.

Menurut Gearrice, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Jumat, 9 Agustus 2024, WhatsApp akan menyajikan voice note dalam bentuk teks, jika pengguna tidak ingin mendengarkan audio yang diterimanya.



Pada versi beta terbaru, WhatsApp untuk Android versi 2.24.17.7 menyertakan fungsi transkripsi audio. Setelah memperbarui ke versi ini, aplikasi ini akan menampilkan pesan transkripsi dari voice note.

Namun, pengguna harus mengaktifkan fitur ini agar bisa digunakan. Pengguna cukup memilih bahasa yang akan digunakan WhatsApp untuk menampilkan teks dan mengunduh paket bahasa yang sesuai. Untuk saat ini, itu hanya tersedia dalam bahasa Spanyol, Inggris, Portugis, Rusia, dan Hindi.

Setelah fungsi ini dikonfigurasi, WhatsApp mentranskripsikan semua pesan suara yang diterima pengguna secara otomatis. Pesan teks itu akan ditampilkan persis di bawah voice note, memungkinkan pengguna memilih apakah ingin mendengarkannya atau sekadar membaca isinya.