Usai Trami, Siklon Tropis Kong-Rey Bikin Riau Panas Bedengkang hingga Pekan Depan

Ilustrasi-kemarau.jpg
(Foto: Shutter Stock via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cuaca panas dengan suhu mencapai 35 derajat celcius, yang beberapa hari terakhir meresahkan masyarakat Provinsi Riau. Kondisi ini diprediksi masih akan berlanjut hingga pekan depan. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengungkap cuaca panas yang melanda Provinsi Riau disebabkan Siklon Tropis Kong-Rey yang menyusul setelah Trami di Filipina.

"Karena Riau terdampak Siklon Tropis Kong-Rey, kami prediksi hingga seminggu kedepan, hujan akan minim turun (sehingga cuaca panas terus berlanjut)," ujar Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru, Senin, 28 Oktober 2024.


Akibat dari cuaca panas yang berlanjut ini, titik panas (hotspot) di sejumlah wilayah di Riau, bahkan di Sumatera sudah mencapai ratusan titik. 

BMKG mencatat, di Sumatera jumlah titik panas mencapai 532 titik. Di antaranya, Aceh memiliki 8 titik, Bengkulu 17 titik, Jambi 85 titik, Lampung 66 titik, Sumatera Barat 61 titik, Sumatera Selatan 120 titik, Kepulauan Riau 1 titik, dan Bangka Belitung 74 titik. 

Sementara itu, di Provinsi Riau terdapat 72 titik panas yang tersebar di beberapa wilayah. Di antaranya Bengkalis dengan 9 titik, Rokan Hilir 6 titik, Rokan Hulu 8 titik, Kampar 15 titik, Kepulauan Meranti 1 titik, Pelalawan 7 titik, Siak 6 titik, Indragiri Hilir 6 titik, Indragiri Hulu 12 titik, serta Kota Dumai 2 titik.