Besok, Debat Publik Cagub Riau 2024 Pertama Digelar

Debat-publik-cagub-cagubri-2024.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - KPU Provinsi Riau akan menyelenggarakan debat publik Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau pada Selasa 29 Oktober 2024, pukul 19.00 WIB. 

Tiga pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Riau yang mengikuti Pilkada 2024, wajib menghadiri agenda tersebut. Di antaranya Paslon Abdul Wahid-SF Hariyanto, Paslon Syamsuar-Mawardi, dan Paslon Muhammad Nasir- Wardan.

Debat pertama ini bertemakan "Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) dan Pembangunan Daerah Yang Inklusif."

"Acara ini bisa disaksikan masyarakat melalui Kompas TV, ataupun YouTube KPU Provinsi Riau. Kita mengundang seluruh masyarakat Riau untuk menyaksikan agenda ini," ujar Komisioner KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto, Senin, 28 Oktober 2024. 

Ia menjelaskan, agenda debat publik bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih mendalam kepada masyarakat mengenai profil, visi dan misi, serta program kerja para Paslon. 


"Sehingga masyarakat dapat lebih mengenal dan memahami seperti apa Paslon dan bagaimana visi dan misinya. Kemudian, masyarakat dapat menggali serta mengelaborasi setiap tema yang diangkat dalam kampanye debat publik atau debat terbuka antar Paslon," jelasnya.

Debat ini digelar dengan format kandidat - moderator. Durasi debat adalah 120 menit yang terbagi dalam enam segmen ditambah 5 jeda iklan layanan masyarakat. 

Sementara itu, kepada Paslon peserta debat diminta untuk hanya membawa 75 pendukung dan 2 LO Paslon. 

Para peserta acara juga diminta untuk tetap menjaga ketertiban selama proses debat dan tidak membawa Alat Peraga Kampanye (APK) dalam bentuk apapun.