Jumat Curhat, Polda Riau Ajak Jaga Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas

Polda-Riau-jumat-curhat-di-pekanbaru3.jpg
(Dok. Ditlantas Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktur Lalulintas Polda Riau, Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib berlalu lintas.

Melalui kegiatan Jumat Curhat, Polda Riau mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) serta Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, dan Ketertiban Berlalu Lintas).

Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Riau, Kompol Pauzi mewakili Dirlantas Polda Riau, menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban. 

"Hari ini kami hadir bersama masyarakat dalam rangka kegiatan Jum'at Curhat, di mana kami merasakan antusiasme yang tinggi dari warga setempat," ujar Kompol Pauzi, Jumat, 25 Oktober 2024.

Dalam forum interaktif ini, masyarakat diberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan dan pertanyaan terkait masalah yang mereka hadapi. Berbagai isu mencuat, mulai dari masalah balap liar yang meresahkan hingga kemacetan yang terjadi pada jam sibuk. 


"Beberapa pertanyaan mengenai lalu lintas yang sering menjadi dilema masyarakat kami upayakan untuk dijawab, karena kehadiran polisi saja tidak cukup," katanya.

Menurutnya, keluarga dan masyarakat berperan penting dalam mengedukasi anak-anak, terutama remaja tentang bahaya balap liar.

Kompol Pauzi juga menekankan pentingnya sosialisasi mengenai Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas. Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang tidak jelas kebenarannya, terutama menjelang Pilkada Riau 2024. 

"Kita harus bijak dalam menyikapi informasi. Mari kita sukseskan Pilkada Riau 2024 dengan menjaga keamanan lingkungan dan menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas," tutupnya.

Polda Riau berharap dapat membangun sinergi antara polisi dan masyarakat dalam menciptakan Riau yang aman dan tertib, serta mendukung terciptanya situasi yang kondusif di tengah pelaksanaan Pilkada.