Riau Dilanda Panas Terik saat Musim Hujan, Ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi-kemarau.jpg
(Foto: Shutter Stock via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cuaca terik menyelimuti Provinsi Riau dalam beberapa hari terakhir, meski telah memasuki musim hujan.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Bibin mengatakan, saat ini wilayah Riau pada umumnya sudah memasuki musim hujan. Diperkirakan puncak hujan terjadi pada November hingga Desember 2024.

“Dalam beberapa hari terakhir cuaca Riau cukup terik dikarenakan adanya gangguan tekanan rendah di Filipina (Tropical Cyclone) sehingga massa udara tertarik tropical cyclone tersebut,” ungkap Bibin, Kamis, 24 Oktober 2024.

Sementara itu Kepala BMKG Pekanbaru, Irwansyah Nasution mengatakan, peluang hujan di Riau saat ini tergolong kecil dengan kemungkinan hujan baru muncul sekitar akhir Oktober.

"Memang untuk beberapa hari ini peluang hujan di Riau agak kecil. Konsentrasi awan berada di daerah selatan, khususnya di Indragiri Hilir,” ujarnya.  


Irwansyah menambahkan, meskipun seluruh wilayah Riau merasakan panas, suhu saat ini masih dalam batas wajar, yaitu sekitar 34 derajat Celsius, dan belum mempengaruhi aktivitas masyarakat sehari-hari. Irwansyah juga menekankan bahwa cuaca panas ini terjadi akibat kurangnya pertumbuhan awan. 

"Ini terasa panas karena adanya awan tipis yang mengakibatkan sinar matahari menyengat langsung. Berdasarkan pantauan satelit, hingga saat ini tidak ada pertumbuhan awan yang signifikan,” terangnya.

Meskipun situasi cuaca panas ini mengkhawatirkan, Irwansyah memastikan bahwa Riau akan segera memasuki puncak musim hujan. 

"Kami memprediksi bahwa intensitas hujan akan meningkat pada bulan November, dengan puncaknya diperkirakan terjadi pada minggu ketiga bulan tersebut hingga Desember,” sebut Kepala BMKG.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri menghadapi cuaca yang berubah-ubah di bulan-bulan mendatang.