Profil Ahmad Tarmizi, Dosen dan Mubaligh yang Jadi Wakil Ketua DPRD Riau

Ahmad-Tarmizi.jpg
(Instagram/Ahmad Tarmizi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ahmad Tarmizi resmi menjabat Wakil Ketua DPRD Riau periode 2024-2029, setelah dilantik pada Kamis, 24 Oktober 2024. Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini dilantik bersama tiga pimpinan DPRD Riau lainnya.

Ahmad Tarmizi merupakan pria kelahiran Pekanbaru, 6 April 1982. Putra dari pasangan Mohammad Roem dan Asnida asal Muara Rumbai, Rokan Hulu (Rohul) ini menempuh pendidikan dari jenjang Madrasah Ibtida’yah (MI) Al-Fattah Pekanbaru, dan pendidikan setingkat SMP dan SMA di Pesantren Wali Songo, Ngabar-Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Untuk mengejar ilmu dan agama, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, melalui program beasiswa hingga mendapatkan gelar Lc. MA, yakni setara S1 dan S2.

Kariernya di politik sudah dimulai sejak ia menempuh pendidikan tersebut. Saat di Mesir, Ahmad Tarmizi  tercatat aktif menjadi pengurus PKS perwakilan Mesir sebagai Ketua Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) PKS Mesir periode 2010-2015.

Ketika pulang ke Indonesia, Ahmad mulai mengabdikan diri sebagai dosen di salah satu Universitas di Riau. Ahmad Tarmizi juga aktif sebagai mubaligh memberikan ceramah agama di majelis-majelis taklim, serta membantu DPW PKS Riau di bidang kaderisasi.

Ia kemudian diamanahkan untuk menjabat Ketua DPW PKS Riau masa bakti 2020-2025, berdasarkan Musyawarah Wilayah (Muswil) PKS Riau yang ke-V.


Selama menjadi Ketua DPW PKS Riau, dirinya sukses menjalankan roda organisasi dan mengkonsolidasi struktur, hingga PKS Riau memperoleh sukses besar pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Dalam masanya sebagai Ketua DPW  PKS Riau, 10 kader terbaiknya berhasil menduduki kursi DPRD Provinsi Riau, termasuk dirinya. Kursi PKS Riau naik 3 kursi, dimana pada periode sebelumnya hanya 7 kursi.

Kini ia resmi menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau periode 2024-2029 bersama tiga pimpinan lainnya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.1.4-4320 tahun 2024 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Provinsi Riau yang dibacakan oleh Plt Sekretaris DPRD Riau.

Empat pimpinan DPRD tersebut berasal dari empat partai politik pemenang Pemilu 2024, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerindra. Berikut adalah nama-nama pimpinan definitif DPRD Riau yang diumumkan:

1. Kaderismanto (PDIP) – Ketua DPRD Riau

2. Parisman Ikhwan (Golkar) – Wakil Ketua I

3.  Ahmad Tarmizi, LC, MA (PKS) – Wakil Ketua II

4. Budiman (Gerindra) – Wakil Ketua III