Suhu Udara Riau Capai 34 Derajat saat Memasuki Musim Hujan, Ini Sebabnya

Ilustrasi-kemarau.jpg
(Foto: Shutter Stock via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cuaca panas melanda Riau dalam beberapa hari belakangan. Bahkan, suhu udara mencapai 34 derajat celcius pada siang hari ini, Rabu, 23 Oktober 2024.

Padahal, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru telah memprakirakan Provinsi Riau telah memasuki musim hujan, dengan puncak terjadi pada November hingga Desember 2024 mendatang.

Prakirawan BMKG, Bibin S, mengungkap cuaca cukup panas yang melanda Riau dalam beberapa hari terakhir disebabkan gangguan tekanan rendah di Filipina, Siklon Tropis "Trami".

"Siklon Tropis "Trami", yang menarik massa udara panas tersebut," kata Bibin S.


BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai perubahan cuaca yang masih berpotensi terjadi dalam beberapa hari mendatang. Masyarakat diminta untuk mengikuti perkembangan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG secara berkala.

"Diharapkan informasi ini dapat membantu masyarakat Riau untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi perubahan cuaca dsn potensi hujan," jealsnya.

Sementara itu, BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur sejumlah wilayah Riau hari ini. Hujan diprakirakan disertai petir dan angin kencang di sejumlah daerah.

"Siang hingga sore hari, hujan ringan hingga sedang diperkirakan turun di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan dan Inhil," ujar Prakirawan BMKG Pekanbaru, M Ibnu Amiruddin

Sedangkan malam hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi mengguyur Kabupaten Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kampar, dan Meranti.