Sah Jadi Presiden, Ingat Lagi Janji Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Presiden-Prabowo-Wapres-Gibran.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah resmi menjabat Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), untuk periode 2024-2029 sejak Minggu, 20 Oktober 2024.

Kini, tiba waktunya bagi masyarakat Indonesia menantikan terwujudnya janji-janji kampanye yang dituangkan pada visi dan misi Prabowo-Gibran. Berikut merupakan rangkaian janji Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka:

1. Makan Siang Gratis

Program makan siang gratis merupakan salah satu janji kampanye Prabowo Subianto, dalam rangka mencukupi kebutuhan gizi seimbang anak-anak sekolah di masa pertumbuhannya.

Program makan siang gratis ini menyasar daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) terlebih dahulu, dan akan direalisasikan 2025 mendatang.

Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana menyebut makanan bergizi gratis yang digagas Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyasar 82,9 juta jiwa.

Program makan gratis yang menuai pro dan kontra dari masyarakat ini memiliki sisi positif dapat membantu seluruh anak-anak di Indonesia, agar mendapatkan konsumsi bergizi seimbang dalam masa pertumbuhannya. Sehingga, anak tidak tumbuh stunting akibat gizi buruk.

2. Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Prabowo Subianto juga menjanjikan program pemeriksaan kesehatan gratis yang menyasar 52 juta masyarakat pada 2025. 

Pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan sekitar sekali atau dua kali setahun  sekali dalam rangka mencegah penyebaran TBC, cek tensi, gula darah, asam urat, ataupun potensi-potensi penyakit katastropik lain.


Untuk menggerakkan program ini, Pemerintah akan mengalokasikan dana untuk menyiapkan rumah sakit dan fasilitas yang diperlukan.

3. Menciptakan Lapangan Kerja dan Mengurangi Pengangguran 

Hal ini disampaikan oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada saat debat Capres. Menurutnya, di masa kepemimpinannya, pemerintah akan menciptakan 19 juta lapangan pekerjaan. 5 juta lapangan pekerjaan adalah green jobs.

Menurutnya, janji ini bisa terwujud melalui hilirisasi tambang, perikanan dan sebagainya.

"Hilirisasi pertanian, perikanan digital dan UMKM, kita lanjutkan pemerataan pembangunan yang tidak Jawa Sentris, kita genjot terus ekonomi kreatif dan UMKM. Kita ada 64 juta UMKM yang sumbang 61% untuk PDB kita jika 4 langkah bisa dipenuhi Insya Allah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan," klaim Gibran dalam pembukaan debat Cawapres, di Gedung JCC Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

4. Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan naik sebesar 6-7 persen. Demikianlah janji kampanye Prabowo - Gibran selanjutnya. 

Anggota Dewan Pakar TKN Drajad Wibowo mengatakan, Prabowo - Gibran sudah mempunyai strategi untuk mencapai target tersebut dalam periode pemerintahannya.

"Tentu Pak Prabowo dan Gibran sudah mempunyai strategi - strategi untuk mewujudkan visi dan misinya, salah satunya adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6-7 persen. Mulai dari program makan bergizi akan menggenjot produksi pangan, pembangunan 3 juta rumah setiap tahun, semua itu adalah bagian dari strategi kita untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

5. Bangun 3 Juta Rumah Gratis 

Prabowo Subianto juga menjanjikan pembangunan 3 juta rumah gratis bagi masyarakat Indonesia yang tidak mempunyai hunian. Program ini dikhususkan bagi masyarakat ekonomi kelas bawah yang belum punya rumah.

"Kita akan bangun 3 juta untuk masyarakat yang belum punya rumah. 1 juta di pedesaan, 1 juta di pesisir, dan 1 juta di perkotaan," ujar Prabowo.

6. Mengentaskan Kemiskinan 

Secara berkesinambungan, Prabowo-Gibran juga menjanjikan pengentasan kemiskinan ekstrem. Program ini ditargetkan akan terwujud pada 2 tahun pertama di masa pemerintahan mereka.