Petugas Gabungan Gelar Operasi Microsleep di Tol Permai, Cegah Kecelakaan

Razia-gabungan-di-tol-permai2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Petugas gabungan dari Kepolisian dan pengelola jalan tol PT Hutama Karya menggelar Operasi Microsleep sebagai upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai). 

Kasus kecelakaan lalu lintas yang masih sering terjadi di jalur tol tersebut mendorong petugas Kepolisian dan Hutama Karya untuk meningkatkan upaya pencegahan. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan Operasi Microsleep.

Dalam operasi ini, kendaraan yang melintas diarahkan masuk ke rest area untuk dilakukan pemeriksaan kondisi sopir. Jika terindikasi mengantuk, petugas merekomendasikan untuk beristirahat minimal 30 menit. Selain itu, tim gabungan juga memasang skotlet di bagian belakang kendaraan sebagai peringatan kepada kendaraan di belakang untuk lebih hati-hati.


Tidak hanya itu, pembagian minuman kopi dan cemilan dilakukan oleh petugas kepada pengendara untuk memberikan energi dan mencegah rasa kantuk bagi para pengendara yang ingin melanjutkan perjalanan.

Hingga saat ini, Operasi Microsleep telah berhasil menekan angka kecelakaan hingga 40 persen. Diharapkan operasi ini dapat membuat para pengendara semakin sadar dan peduli, sehingga tidak memaksakan diri untuk berkendara dalam kondisi lelah dan mengantuk demi menjaga keselamatan berlalu lintas.

“Kita melakukan kegiatan microsleep untuk menjaring pengendara yang mengantuk, apabila pengemudi ditemukan mengantuk aksn kita arahkan untuk beristirahat,” ujar Pelaksana Operasi PT Hutama Karya, Andi Firmansyah, Sabtu, 19 Oktober 2024.