Kebakaran di Jalan Nila Pekanbaru Akibatkan Kerugian Rp 1,5 Miliar Lebih

Diduga-Tabung-Uap-Meledak-Tiga-Rumah-di-Jalan-Nila-Terbakar.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru melaporkan data peristiwa kebakaran yang terjadi di Jalan Nila, Tangkerang Barat, Marpoyan Damai.

Peristiwa kebakaran yang terjadi pada Kamis, 17 Oktober 2024 sore itu menghanguskan satu unit rumah bulatan (2 lantai), satu unit rumah bulatan, tiga kios, tiga rumah petak.

"Jenis bagunan permanen. Selain itu juga ada lima unit kendaraan roda dua dan satu unit mobil," jelas Plt Kepala DPKP Kota Pekanbaru, Lili Suryani, dalam keterangan tertulis.

Pasca kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar. Tidak ada harta benda sempat diselamatkan karena api membakar seluruh bagunan yang berada di RT 008/RW 007 tersebut.


"Upaya yang dilakukan petugas yakni memadamkan, menyelamatkan, melokalisir, serta mendinginkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, api melahap tiga rumah warga di Jalan Nila, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Kamis 17 Oktober 2024.

Warga sebelumnya dikejutkan dengan adanya bunyi ledakan sekitar pukul 15.20. Kebakaran diduga karena ada ledakan tabung boiler setrika uap dari salah satu rumah warga yang membuka jasa laundry.

"Ledakan dari tempat laundry setrika uap. Bunyi ledakan saat ashar tadi. Ada tiga rumah terbakar," kata Wawan, warga sekitar.

Api semakin membesar dan merambat ke dua rumah sebelahnya. Api terus membakar hangus hingga sisa-sisa bangunan.