Waspada Cuaca Ekstrem di Pekanbaru, Masih Berpotensi Hujan Disertai Angin Kencang

Ilustrasi-Cuaca-Ekstrem2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perubahan cuaca cukup ekstrem masih terjadi di Kota Pekanbaru pada Oktober 2024 ini. Potensi hujan disertai angin kencang karena dampak fenomena la nina yang terjadi di Provinsi Riau. 

Meski diprediksi sudah memasuki musim hujan, namun kondisi perubahan cuaca berubah cukup ekstrem karena pada pagi hari cuaca cerah. Cuaca mendadak berubah hujan pada siang atau sore hari.

"Ini patut diwaspadai memang kadang perubahan cuaca cukup ekstrem dalam sehari. Pagi hingga sore panas, bisa saja berubah hujan," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Selasa 15 Oktober 2024.

Zarman menyebut, BPBD sudah berkoordinasi dengan BMKG untuk Kota Pekanbaru. Kondisi cuaca saat ini sebagai satu dampak fenomena la nina sehingga pihaknya bakal mengambil langkah.


Lebih jauh ia menyampaikan, sesuai prediksi BMKG pada bulan Oktober ini sudah masuk musim penghujan. Sedangkan puncak musim penghujan diprediksi berlangsung pada bulan November mendatang.

Intensitas hujan yang mengguyur yakni dari intensitas kecil hingga sedang. Ada juga hujan disertai angin kencang sehingga pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait.

Zarman juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati ketika melewati jalan yang terhadap pohon besar. Ia mengimbau warga di pinggiran aliran sungai untuk waspada ancaman banjir.

"Walau sungai sudah dilakukan normalisasi, masyarakat harus tetap waspada," katanya mengingatkan.