Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Imbau Potong Ranting dan Pohon Tua

Kepala-BPBD-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru diminta untuk waspada terhadap perubahan cuaca yang cukup ekstrem pada Bulan Oktober 2024.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra menyampaikan, kondisi hujan disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di Kota Pekanbaru, serta wilayah lainnya di Provinsi Riau.

"Ini patut diwaspadai memang kadang perubahan cuaca cukup ekstrem dalam sehari. Pagi hingga sore panas, bisa saja berubah hujan," kata Zarman, dikutip dari ANTARA, Senin, 14 Oktober 2024.

Kondisi ini, dikatakan Zarman, merupakan salah satu dampak fenomena La Nina. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pekanbaru sebagai Langkah antisipasi.


"Sesuai prediksi BMKG pada bulan Oktober ini sudah masuk musim penghujan. Sedangkan puncak musim penghujan diprediksi berlangsung pada bulan November mendatang," ujarnya.

Zarman juga mengimbau untuk melakukan pemangkasan terhadap ranting-ranting pohon, terutama yang sudah tua. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah pohon tuymbang saat terjadi angin kencang.

"Kami mengimbau agar memotong ranting atau memotong pohon yang sudah tua, agar tidak tumbang saat angin kencang terjadi," ujar Zarman. 

Zarman juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati ketika melewati jalan yang terhadap pohon besar. Ia mengimbau warga di pinggiran aliran sungai untuk waspada ancaman banjir.

"Walau sungai sudah dilakukan normalisasi, masyarakat harus tetap waspada," imbuhnya.