Tahun Depan, Bus TMP Layani Penumpang hingga Danau Bingkuang Kampar

Trans-Metro-Pekanbaru-TMP.jpg
(Winda Mayma Turnip/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) bakal membuka jalur baru yakni Pekanbaru ke Tambang, Kabupaten Kampar. Paling lambat penerapan rute tersebut berlangsung pada 2025 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan, pemgembanban rute bus TMP di wilayah Pekanbaru-Kampar masih dalam proses. Ada sejumlah tahapan yang harus berjalan sehingga bisa dibuka rute baru ini.

Bus TMP ini melayani pengangkutan penumpang dari batas Kota Pekanbaru hingga Danau Bingkuang. Masyarakat nantinya bisa menikmati angkutan di wilayah aglomerasi, Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan).

"Kita sudah bahas dengan Dishub Kampar terkait penerapan rute ini. Kalau memungkinkan kita terapkan tahun ini, tapi paling lambat tahun 2025," paparnya, Senin 14 Oktober 2024.

Masyarakat yang bisa menikmati adalah masyarakat di sekitar jalur. Ia menyebut bahwa dari sisi teknis sudah dipersiapkan unit bus dan personel melayani rute tersebut.


"Kita sudah bahas kebutuhan bus TMP untuk rute tersebut hingga jalur yang dilalui, kami dari UPT TMP sudah menyiapkan opsi tersebut," sebutnya.

Yuliarso menyadari ada tahapan yang harus dilalui sebagaimana mestinya. Satu tahapan itu yakni penganggaran di APBD perubahan tahun 2024 Kabupaten Kampar yang nantinya dikeluarkan untuk bahan bakar hingga operasional.

Jalur tersebut di luar Kota Pekanbaru sehingga menjadi tanggungan dari Pemerintah Kabupaten Kampar. Ia menyampaikan bahwa sudah ada komitmen dari pemerintah kabupaten melayani angkutan massal.

Yuliarso menambahkan, bus angkutan massal ini nantinya bakal berhenti di halte. Mereka mengangkut penumpang dari halte yang sudah ada.

"Tentu kita harus pastikan anggaran yang tersedia melayani jalur ini. Kita harapkan ini jadi sosialisasi juga bagi masyarakat agar bisa memanfaatkan transportasi jalur wilayah Pekansikawan," tutupnya.