Operasi Zebra LK 2024, Wakapolda: Tekan Angka Fatalitas dan Tertib Berlalu Lintas

Operasi-Zebra-LK-2024-Wakapolda-Tekan-Angka-Fatalitas-dan-Tertib-Berlalu-Lintas.jpg
(Defri Candra/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakapolda Riau, Brigjen Pol K Rahmadi memimpin apel gelar pasukan Operasi Lancang Kuning (LK) 2024 di halaman upacara Mapolda Riau, Senin, 14 Oktober 2024. 

Kegiatan ini sekaligus dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Brigjen K Rahmadi menekankan pentingnya keselamatan dan ketertiban berlalu lintas. 

"Lalu lintas adalah urat nadi kehidupan. Keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas harus menjadi prioritas kita semua," ujar Wakapolda dalam sambutannya. 

Jenderal bintang satu ini juga menjelaskan bahwa hakekat dari road safety adalah meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan angka kecelakaan di jalan.

"Operasi Zebra tahun ini tidak hanya fokus pada penegakan hukum, tetapi juga mengedepankan himbauan, penyuluhan, dan patroli lalu lintas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat."


"Tujuan utama kami adalah menekan angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas," tambah Brigjen Rahmadi.

Kegiatan ini juga memiliki relevansi dengan Pilkada 2024. Apel Operasi Zebra kali ini dianggap sebagai "cooling system" yang diharapkan dapat menciptakan kondisi aman menjelang pelantikan Presiden dan Wakil presiden terpilih. 

Operasi ini akan dilaksanakan dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024 selama 14 hari, melibatkan 963 personel Polda Riau dan jajaran yang memberdayakan semua stakeholder terkait.

Data menunjukkan bahwa operasi sebelumnya pada tahun 2023 mencatatkan 9 kejadian kecelakaan lalu lintas, mengalami penurunan sebanyak 2 kejadian atau 18 persen dibandingkan tahun 2022 yang tercatat 11 kejadian. 

"Kami berharap, dengan adanya operasi ini, angka kecelakaan dapat terus menurun dan masyarakat semakin sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas," tutup Brigjen Rahmadi.

Dengan semangat kolaborasi dan komitmen bersama, diharapkan Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 dapat berjalan sukses dan memberikan dampak positif bagi keselamatan berlalu lintas di wilayah Riau.