Cuaca Riau Hari Ini: Rohil hingga Pekanbaru Masih Bakal Diguyur Hujan

Ilustrasi-hujan7.jpg
(ANTARA/Aloysius Lewokeda)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cuaca cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang masih terjadi di sejumlah daerah Provinsi Riau, hari ini, Senin, 14 Oktober 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Bengkalis, Kampar, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan, serta sebagian Kota Pekanbaru.

“Siang hari cuaca masih akan didominasi cerah berawan, tetapi hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di Kabupaten Siak, Kampar, dan Kepulauan Meranti,” ujar Sanya Gautami.

Sedangkan pada sore hingga malam hari, kondisi berawan akan meliputi sebagian besar wilayah Riau, dengan hujan yang terkonsentrasi di daerah Riau bagian tengah dan pesisir timur, termasuk di Kabupaten Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, Pelalawan, serta Kota Dumai, dan Pekanbaru.

Sanya menambahkan, saat dini hari Riau akan diselimuti udara kabur dan berawan dengan hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah.


“Peringatan dini untuk waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berlaku di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan, Kepulauan Meranti, dan Kota Pekanbaru, pada pagi, sore/malam, dan dini hari,” jelasnya.

Sementara itu, suhu udara Riau diperkirakan berkisar antara 22.0-33.0 derajat celcius dengan tingkat kelembaban antara 60-99 persen. Kecepatan angin diprediksi berasal dari arah Selatan hingga Barat, berkisar antara 10 hingga 30 km/jam.

Tinggi gelombang di wilayah perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.01-0.5 meter (tenang), namun perlu waspada terhadap potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah perairan Batam dan sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai cuaca yang tidak menentu dan bersiap menghadapi potensi hujan lebat.