Perbaikan Gedung B9 Perkantoran Tenayan Raya Pasca Kebakaran Tergantung Anggaran

Gedung-Lipat-Kajang-terbakar2.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, bakal memperbaiki kembali Gedung B9 Perkantoran Wali Kota Pekanbaru di Tenayan Raya yang terbakar akhir bulan kemarin. Rencananya, perbaikan bakal dilakukan pada tahun depan. 

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, perbaikan dilakukan tergantung anggaran yang tersedia. Jika memungkinkan, perbaikan menggunakan anggaran tahun 2025.

"Tahun 2025 kita coba lihat kondisi anggaran, kalau bisa kita anggarkan kembali untuk renovasi. Renovasi nanti tergantung kondisi gedung (yang alami kerusakan akibat kebakaran). kalau perlu direnovasi, kita renovasi," kata Indra Pomi Nasution.

Ia menyampaikan, jelang dilakukan perbaikan terhadap gedung yang diberi nama Lipat Kajang tersebut, ketiga OPD yang sebelumnya menempati gedung di antaranya Dinas PUPR, Dinas Perkim dan Dinas Perhubungan saat ini berkantor sementara di sejumlah gedung di komplek perkantoran wali kota.


"Seperti Dishub pindah ke gedung B2, kemudian Perkim dan PUPR pindah ke gedung B6. Jadi untuk sementara menempati gedung yang ada dulu," jelasnya.

Ia menambahkan, pemerintah kota masih menunggu laporan polisi terkait penyebab kebakaran Gedung Lipat Kajang di komplek perkantoran terpadu wali kota di Tenayan Raya ini. 

"Rencana kita kalau laporannya sudah ada, kalau kita sudah diizinkan kerja di situ," paparnya.

Gedung Lipat Kajang yang ditempati Dinas PUPR, Dinas Perkim dan Dishub di komplek perkantoran Wali Kota Pekanbaru di Tenayan Raya, terbakar pada 20 September 2024. 

Butuh waktu hingga enam jam untuk petugas pemadam kebakaran bisa menjinakkan api. Api menghanguskan lantai 3 hingga 4 gedung. Pemko kemudian berkoordinasi dengan polisi untuk menyelidiki penyebab kebakaran.