Unilak Gelar PKKMB 2024, Awal Perjalanan Mahasiswa Baru Menuju Sukses

PKKBM-Unilak1.jpg
(Dok. Unilak)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada 9-10 Oktober 2024. 

Kegiatan yang mengusung tema “A Great Journey to Excellence” ini diharapkan menjadi langkah awal bagi mahasiswa baru dalam memulai perjalanan menuju kesuksesan di Unilak.

Rektor Unilak, Prof. Junaidi menyambut mahasiswa baru dengan harapan yang tinggi. Dalam sambutannya, ini menekankan pentingnya momen ini. 

“Ini adalah langkah awal yang besar bagi Anda untuk meraih keutamaan dan kualitas yang lebih baik untuk menyongsong masa depan," ujar Junaidi, Jumat, 11 Oktober 2024.

Prof Junaidi menjelaskan bahwa Unilak hadir dengan semangat baru, mengusung tagline Kampus Hijau, Kampus Beragam Budaya, dan Kampus Bersahabat. 

Kampus Hijau diwujudkan dengan adanya lingkungan yang asri, termasuk alma yang molek dan ekosistem yang terjaga. Ia menekankan.

“Kami terus berupaya untuk mengurangi penggunaan botol plastik. Jadi mulai sekarang, bawa botol minuman sendiri ya," ajaknya.

Dalam konteks keberagaman, beliau menyatakan bahwa multiculturalism di Unilak merupakan kekuatan untuk bersatu meraih mimpi. 

“Mari kita terus menjaga indahnya keberagaman,” ajaknya kepada seluruh civitas akademika.


Lebih lanjut, Prof Junaidi menjelaskan tentang Kampus Bersahabat, yang mengedepankan layanan ramah dan inklusif bagi semua mahasiswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. 

“Semangat keramahan menjadi dasar bagi mahasiswa, karyawan, dosen, dan masyarakat untuk menciptakan kehidupan harmoni,” tuturnya.

Kegiatan PKKMB 2024 ini juga didukung oleh PT Arara Abadi. Direktur perusahaan tersebut, Edi Haris MZ, menyampaikan komitmennya untuk berkontribusi dalam pendidikan. 

“Kami merasa bangga bisa memfasilitasi mahasiswa yang ingin magang dan PKL,” ungkapnya. 

Ia juga berharap untuk memperluas kerja sama dengan Unilak, tidak hanya di Fakultas Kehutanan, tetapi juga fakultas lain yang berkaitan dengan pembangunan Hutan Tanaman Industri.

“Dengan adanya MoU PT Arara Abadi dengan Unilak, kesepakatan ini akan lebih luas dan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menjadi lulusan-lulusan hebat, " ujar Edi Haris.

Arden Simeru dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, menekankan pentingnya PKKMB sebagai wadah untuk memperkenalkan mahasiswa baru dalam transisi ke kehidupan kampus. 

“Ini akan menjadi bekal untuk keberhasilan studi di perguruan tinggi,” katanya. 

Ia juga mendorong Unilak untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Dalam PKKMB kali ini, mahasiswa baru diberikan sosialisasi mengenai Kebangsaan, Kamtibmas, Anti Perundungan, dan Kekerasan Seksual, serta MoU dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) terkait digitalisasi kampus. Edukasi terkait narkoba dan pemilu juga disampaikan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain itu, mahasiswa baru diperkenalkan dengan berbagai organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Di hari kedua, mereka juga dikenalkan dengan fakultas serta sistem informasi akademik dan organisasi kemahasiswaan di masing-masing fakultas.

Dengan berbagai program yang dijalankan, PKKMB Unilak 2024 diharapkan mampu mencetak generasi unggul yang siap menghadapi tantangan masa depan. Prof. Junaidi menutup sambutannya dengan optimisme, 

“Semoga kegiatan ini berjalan baik, sehingga lahir calon pemimpin masa depan dari Unilak," tutupnya.