Legenda Mistis Sungai Siak, Saksi Bisu Tumbuhnya Kota Pekanbaru dan Siak

Sungai-Siak1.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau mempunyai sungai terdalam di Indonesia yakni Sungai Siak yang melintasi wilayah Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, dan Kabupaten Siak.

Sungai ini diceritakan pernah memainkan peranan penting dalam jalur perdagangan internasional selama beratus-ratus tahun lamanya. Sungai Siak merupakan saksi bisu tumbuhnya kawasan Kota Pekanbaru dan Siak.

Sungai berwarna coklat keruh ini memiliki lebar rata-rata 100-150 meter dan kedalaman mencapai 20-30 meter dengan total panjang 527 km. Dari panjang ini, ternyata 300 km dapat dilayari.  

Sampai saat ini, Sungai Siak masih dapat dimanfaatkan sebagai jalur transportasi air untuk menghubungkan wilayah aliran Sungai Siak, yaitu Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Siak Sri Indrapura.

Dalam perkembangannya, Sungai Siak menjadi tempat wisata yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi tempat wisata buatan.

Namun di balik itu semua, Sungai Siak ternyata memiliki kisah unik sekaligus legenda mistis tersendiri. Airnya yang begitu keruh, tidak didukung dengan derasnya arus menambah nuansa angker sungai yang kini terus mengalami pendangkalan.

Sungai Siak bahkan tampak seperti danau yang berbentuk memanjang hingga airnya begitu tenang namun kerap 'memakan tumbal'.

Misteri angker Sungai Siak, sejauh ini masih menjadi teka-teki tak terungkapkan. Namun mitos tentang Sungai Siak, tidak lepas dari latar belakang Kerajaan Siak yang sejauh ini juga masih dianggap tabu kebenarannya.


Adapun kisah legenda yang berkembang sebagai berikut:

1. Makhluk Gaib Penghuni Sungai Siak

Kisah legenda yang kerap dipercaya adalah sosok makhluk gaib yang mendiami sungai ini, konon makhluk tersebutlah yang berperan banyak terhadap banyaknya kasus kematian di sungai ini.

2. Kesaktian Sultan Syarif Kasim

Sultan Syarif Kasim adalah Raja terakhir dari Kerajaan Siak. Dikisahkan jika Sultan Syarif merupakan sultan yang memiliki kesaktian gaib yang sangat luar biasa, konon kesaktiannya tersebutlah yang menjadi penjaga setiap benda-benda peninggalan kerajaan.

Menurut kisah warga sekitar, di sungai inilah banyak para perampok yang tewas secara misterius kala mereka mencuri barang-barang peninggalan kerajaan.

Pada 1960 an pernah ada kelompok yang mencuri meriam kerajaan yang dipercayai sakti. Kapal mereka karam di Sungai Siak.

Meriam yang dicuri dikembalikan ke Istana Siak. Ada juga orang mencuri kursi singgasana Sultan Siak yang berlapis emas. Konon kabarnya, si pencuri hilang kesadarannya dan berjalan menuju sungai Siak.

3. Makhluk Halus Berwujud Hewan

Ada banyak kisah misteri yang terjadi di sini, salah satu kisah yang banyak dipercaya adalah kemunculan misterius sejumlah hewan dari dalam sungai.

Mulai dari seekor gajah putih, buaya putih, ikan duyung hingga seekor naga yang tiba-tiba muncul dan menghilang begitu saja.

Banyak warga yang percaya bahwa hewan-hewan misterius tersebut adalah perwujudan dari makhluk halus yang mendiami sungai Siak.

Rentetan peristiwa penemuan mayat di Sungai Siak juga kerap muncul di berbagai media. Namun, terlepas dari benar atau tidaknya kisah-kisah misteri dan fakta-fakta tentang banyaknya tragedi penemuan mayat di Sungai Siak, ini menyiratkan agar masyarakat, dan tentu saja para pengunjung lebih berhati-hati bila ke Sungai Siak.

Meski telah terjadi pendangkalan akibat pencemaran, namun tak bisa dipungkiri sungai ini masih dalam. Sehingga, apabila seseorang terpeleset dan jatuh ke sungai, ia akan tenggelam dan hanyut di air yang tampaknya tenang.