Tinjau Akses Jembatan Gantung Sipungguk, Pj Gubernur: Sudah Fungsional

Tinjau-Akses-Jembatan-Gantung-Sipungguk-Pj-Gubernur-Sudah-Fungsional.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) Rahman Hadi meninjau pembangunan akses jalan Jembatan Gantung Sipungguk, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Jembatan gantung yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Riau dengan Bantuan Keuangan Khusus ini terbentang sepanjang 220 meter. Saat ini, jembatan ini telah fungsional setelah diresmikan beberapa waktu lalu.

Pj Gubernur Riau Rahman Hadi mengatakan, jalan tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk memangkas jarak dari Bangkinang Seberang yang akan menuju Kota Bangkinang melalui Salo. Jalan yang bisa ditempuh sejauh 10 Kilometer, kini hanya jarak 2 Kilometer.

"Sebelumnya jalan dan jembatan ini belum berfungsi maksimal, namun karena kolaborasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten dalam pelaksanaannya kini sudah berfungsi dengan baik. Alhamdulillah kini sudah fungsional," kata Rahman Hadi.

Setelah melakukan peninjauan jalan dan jembatan Pj Gubernur Riau juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada tahun ini akan menyelesaikan pembangunan jalan di ujung jembatan gantung menuju Salo dalam rangka memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.


"Pemprov Riau juga membantu pembangunan jalan. Insya Allah tahun ini dikerjakan," pungkasnya.

Pj Bupati Kampar Hambali mewakili masyarakat merasa bersyukur sebab jalan dan jembatan sudah lama mangkrak tersebut kini sudah fungsional. Masyarakat pun sudah dapat merasakan manfaat dari keberadaan jembatan yang telah dibangun.

"Asal udah fungsional dan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat cukuplah. Meskipun kendaraan kecil yang bisa lewat disini," kata Hambali.

"Untuk kendaraan yang berat atau besar jangan sampailah lewat sini, kasian jalan dan jembatannya. Biarlah agak mutar dikit tapi sudah jelas terukur tonasenya," imbuhnya.

Hambali juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi Riau yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan di daerah Kampar. Ia juga berharap bantuan lain nantinya juga diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Saat peninjauan akses jalan Jembatan Gantung Sipungguk terlihat sudah banyak kendaraan bermotor yang melewati jalan tersebut sehingga keberadaan jembatan dan jalan sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya Kabupaten Kampar. 

Saat peninjauan, Pj Gubernur Riau didampingi Plh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Taufik OH, Kepala Dinas PU Provinsi Riau Arif Setiawan dan Pj Bupati Kampar Hambali. (Adv)