LAMR Harapkan Anggota DPR dan DPD Dapil Riau Perjuangkan Kepentingan Masyarakat

Datuk-Seri-Taufik-Ikram-Jamil-LAMR.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 580 Anggota DPR RI dan 152 Anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 telah dilantik pada Selasa, 1 Oktober 2024. Termasuk di antaranya adalah 13 Anggota DPR RI dan 4 Anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Riau.

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Setia Taufik Ikram Jamil berharap jajaran legislator perwakilan Riau tersebut akan terus memperjuangkan kepentingan masyarakat Riau.

"LAMR berharap legislator asal Riau mendukung pelestarian dan pengembangan budaya Melayu, termasuk bahasa, adat istiadat, dan warisan budaya lainnya, baik di tingkat lokal maupun nasional," ujarnya.

Selain dalam kebudayaan, legislator Riau yang telah duduk di Senayan juga diharapkan mengupayakan kebijakan yang mendukung pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.


"LAMR juga berharap agar anggota DPR RI bisa menjadi jembatan dalam menyelesaikan konflik agraria yang sering terjadi di wilayah Riau, dengan mengedepankan solusi yang adil bagi masyarakat adat dan para petani," jelasnya.

13 Anggota DPR RI Dapil Riau yang telah dilantik periode 2024-2029 adalah legislator dari Partai Golkar, yang berhasil merebut tiga kursi, yakni Maharani dan Karmila Sari di Dapil Riau I, serta Yulisman di Dapil Riau II.

Kemudian, PDIP Riau mendapatkan dua kursi, dengan legislatornya adalah Dewi Juliani dan Siti Aisyah. Partai PKS juga mendapat dua kursi dengan perwakilan Syahrul Aidi dan Hendri Munief.
Selanjutnya adalah Mafirion dan Iyeth Bustami dari PKB yang memperoleh dua kursi. Dari Demokrat dengan 1 kursi adalah Achmad.

Sementara itu, Partai Gerindra dengan perolehan dua kursi mendudukkan Muhammad Rahul dan Muhammad Rohid. Keduanya merupakan anak dari Calon Gubernur Provinsi Riau tahun 2024, M Nasir. Terakhir adalah Sahidin dari Partai Amanat Nasional.

Sedangkan 4 anggota DPD dari Provinsi Riau adalah Muhammad Mursyid, Abdul Hamid, Sewitri, dan Arif Eka Saputra.