Kabar Baik, Penyandang Disabilitas Bisa Ikut Perekrutan PPPK Pemko Pekanbaru

Ilustrasi-PPPK-2024.jpg
(IPAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penyandang disabilitas mendapat kesempatan mengisi formasi khusus dalam perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru 2024.

"Pada tahun ini terdapat formasi khusus bagi penyandang disabilitas," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru, Irwan Suryadi.

Ada sejumlah ketentuan bagi pelamar disabilitas di antaranya melamar pada jabatan yang dibutuhkan jika memiliki ijazah yang kualifikasi pendidikannya sesuai dengan persyaratan jabatan.

Lalu pada saat melamar di SSCASN pelamar penyandang disabilitas wajib menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan penyandang disabilitas.

Mereka dapat melampirkan surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya. Bagi pelamar penyandang disabilitas berlaku ketentuan sesuai dengan kebutuhan jabatan fungsional yang dilamar.


Kemudian mengirimkan video yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai dengan jabatan yang akan dilamar dan mencantumkan link video pada aplikasi SSCASN yang telah di unggah di Google Drive, Dropbox dan ke alamat email [email protected].

Irwan menjelaskan, ada sejumlah kriteria jabatan yang dapat diisi dari pelamar disabilitas yakni jabatan yang pekerjaannya bersifat administratif dan jabatan yang pekerjaannya dilakukan secara rutin. Lalu jabatan yang pekerjaannya tidak memerlukan persyaratan khusus.

Kemudian Jabatan yang lingkungan kerjanya tidak memiliki risiko tinggi. Bagi PPPK tenaga guru berlaku ketentuan sebagai berikut yakni penyandang disabilitas rungu tidak dapat melamar ke kebutuhan PPPK pada formasi Guru Bahasa Indonesia atau formasi Guru Bahasa Inggris.

Penyandang disabilitas daksa tidak dapat melamar ke kebutuhan PPPK pada formasi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Lalu penyandang disabilitas netra tidak dapat melamar ke kebutuhan PPPK pada formasi Guru Seni Budaya Keterampilan.

Para calon pelamar bisa mendapat informasi lebih lanjut di laman Seleksi PPPK Pemko Pekanbaru.