Harga Bahan Pokok di Masa Kampanye Cenderung Stabil, Inflasi Masih Terkendali

Minyak-goreng-di-pasar-tradisional5.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Harga bahan pokok di masa kampanye dinilai cenderung masih stabil. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru terus mengawasi harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran.

Tim dari dinas memantau dari sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru. Dari hasil pantauan, mereka mendapati ketersediaan bahan pokok mencukupi dan untuk harga juga cenderung masih stabil. 

"Sekarang harga bahan pokok masih terpantau stabil. Masih stabil," kata Kepala DPP Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin.

Harga kebutuhan pokok di pasaran yang stabil juga mempengaruhi inflasi daerah. Kondisi ini membuat angka inflasi di Kota Pekanbaru terkendali. 


Apalagi pada bulan Agustus kemarin Kota Pekanbaru sempat alami deflasi karena sejumlah komoditi pangan alami penurunan harga. 

"Deflasi memang, jadi hitungannya kan per bulan. Nanti rilisnya per periode, kalau melihat trend harga, ya mulai turun," jelasnya. 

Sementara bahan pokok lainnya stoknya tercukupi dengan harga yang juga relatif stabil. Bahkan, untuk beberapa komoditas mengalami penurunan seperti, bawang merah Rp21.500 per kg, cabai rawit Rp52.000 per kg.

Kemudian, Bawang putih Rp37.500 per kg, Daging ayam 26.000 per kg, Telur ayam Rp49.000 per kg, Beras premium Rp17.500 per kg, gula Rp18.000 per kg, dan Minyak goreng Rp17.000 per kg.