Pengusaha Reklame di Pekanbaru Diimbau Segera Perbarui Izin

Pengusaha-Reklame-di-Pekanbaru-Diimbau-Segera-Perbarui-Izin.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mengingatkan agar pengusaha reklame untuk sesegeranya mengurus perpanjangan izin yang habis masa berlakunya.

"Sebagai bagian dari Tim Penataan Reklame, kami meminta agar pelaku usaha reklame, yang sudah habis masa izin berlakunya, kita himbau untuk segera memperbarui izin perpanjangan," ujar Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, Kamis 26 September 2024.

Dirinya menegaskan bahwa penyelenggara jasa reklame di Kota Pekanbaru harus mengantongi izin untuk memastikan kembali keselamatan konstruksi. 

"Masyarakat cukup membawa persyaratan yang ditentukan. Nanti, kalau mereka mengurus izin, petugas kita akan memberikan data lengkap apa saja yang harus mereka lakukan," jelasnya.

Mantan Sekretaris DRPD Pekanbaru ini menegaskan, jika tidak berizin, reklame tersebut masuk kategori reklame liar karena tidak punya kontribusi langsung untuk keuangan daerah. 



Dirinya juga khawatir reklame-reklame liar akan membahayakan keselamatan masyarakat, karena didirikan tanpa dikaji Pemko Pekanbaru sebab bisa saja dibangun di kontur tanah yang labil. 

"Saya kasih waktu minggu ini, jika mereka tidak segera mengurus izin atau memperbarui izinnya, maka kita bersama tim lainnya bakal turun menertibkan," tegas laki-laki disapa Akur.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang mendata dan akan segera menyurati seluruh pemilik tiang reklame yang terindikasi belum memperbarui izin ataupun yang tidak berizin sekalipun.  

Langkah ini diambil untuk menertibkan dan meningkatkan pendapatan daerah serta memastikan keselamatan dan ketertiban umum di kota bertuah.

"Kami tegaskan kembali bahwa semua pemilik reklame harus mematuhi aturan yang ada dan segera mengurus perizinan yang diperlukan," tandasnya.