Hingga 4 Oktober, Ada Vaksinasi Rabies Hewan Peliharaan Gratis di PKH Riau

Ilustrasi-vaksin-hewan.jpg
(kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau menggelar vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan. Masyarakat yang mempunyai kucing, anjing hingga kera, dapat membawa langsung hewan peliharaannya ke Dinas PKH Riau, Jalan Pattimura, Kota Pekanbaru, untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas PKH Provinsi Riau, Faralinda Sari mengatakan agenda ini digelar dalam rangka memperingati World Rabies Day atau Hari Rabies Sedunia.

"Seperti tahun lalu, dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, kita menyelenggarakan penyuntikan vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan monyet pada Sabtu besok," ujarnya. 

Faralinda menyebutkan penyelenggaraan suntik vaksin rabies juga dilakukan di kabupaten/kota, yang sudah dimulai sejak tanggal 23 September hingga 4 Oktober 2024.



"Kabupaten/kota juga melakukan suntik vaksin rabies gratis yang sudah dimulai sejak 23 September sampai 4 Oktober 2024," jelasnya. 

Adapun persyaratan untuk vaksin rabies gratis yakni hewan dalam kondisi sehat, tidak bunting, tidak menyusui dan minimal berumur 3 bulan.

Ia menjelaskan, program ini digelar secara rutin setiap tahun mengingat banyaknya masyarakat yang berpartisipasi. Terlihat pada tahun 2023 lalu, sebanyak 5.023 ekor hewan mendapatkan vaksinasi rabies di Provinsi Riau.

"Laporan yang kami terima dari 12 kabupaten/kota di Riau, total hewan yang mendapatkan vaksin rabies sebanyak 5.023 ekor pada tahun lalu," pungkasnya.